Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Update Huawei E220 dan Telkomsel Flash Unlimited !

with 62 comments

huawei e220 original

huawei e220 original

Dua hari belakangan ini saya di buat resah dikarenakan huawei E220 ( bukan bawaan dari telkomsel) yang saya coba update dengan menggunakan firmware terbaru ternyata gagal dan error di tengah proses, akibatnya huawei tidak dikenali oleh komputer baik PC maupun Mac, otomatis aktivitas saya di dunia maya terganggu dan terpaksa menggunakan perangkat cadangan darurat yaitu HP saya satu-satunya sebagai modem hiks … .

Setelah ditelusuri ternyata kesalahan saya sendiri karena meng update firmware di windows (update firmware hanya bisa di windows) tetapi dari windows XP yang terinstall di Mac OSX via Paralells Desktop, saya menduga karena transfer data saat update antara windows dan huawei via Paralles kurang maksimal jadi mengganggu proses update.

Setelah saya berkonsultasi dengan om gugel dan mencoba kembali di PC yang lain (harus sudah ter instal driver Huawei e220) dan saya lakukan proses update ternyata ngga ada masalah dan sukses (akhirnya huh..).

Update firmware Huawei E220 saya lakukan supaya mengupgrade kinerja modem dan bisa support 7.2 Mbps dan jika kita mengambil update firmware tersebut dari situs telkomsel tampilan aplikasi kita berubah dengan tambahan logo Telkom Flash di dalamnya dan sudah dikonfigurasi dengan menggunakan parameter-parameter setting TELKOMSELFlash. Dan enak nya lagi ketika saya colokkan ke macbook (Mac OSX 10.3.9 keatas) langsung autorun dan terdapat paket instalasi kereeen, ngga kaya sebelumnya harus cari-cari driver nya dulu dan belum tentu langsung konek pusing banget kan. Selain itu modem Huawei E220 juga lebih dingin dibandingkan sebelumnya walaupun digunakan seharian.

Untuk keterangan lengkap update atau konfigurasi modem beserta update software nya bisa dilihat di situs resmi telkomsel

http://www.telkomsel.com/web/device_and_setting

Tampilan aplikasi huawei di windows XP setelah di update dengan firmware dari telkomsel


Screen shot dari Mac OSX

Setelah di update perbedaan nya adalah proses konfigurasi lebih mudah terutama di Mac OSX karena aplikasi sudah ter setting secara otomatis dengan parameter setting Telkomselflash dan dari sisi kecepatan dibanding sebelumnya terasa lebih cepat bener deh sok aja cobain sendiri (belum ada pengujian secara teknis baru pake perasaan hehe). Bagi pengguna telkomsel flash unlimited silakan di coba dan rasakan akibatnya eit salah maksudnya perbedaannya.

ps :

- Huawei E220 yang saya update bukan paketan dari telkomsel, klo paketan biasanya sudah di update dari telkomsel.

- Untuk referensi lainnya bisa lihat :

1. http://www.mobilebroadbandrocks.com/huawei-e220-72mbps-firmware-update

2. http://www.huawei.com/mobileweb/en/doc/list.do?type=-1&id=736

3. http://www.vodafone.de/hilfe-support/technischer-support/97017_106487.html

4. http://en.wikinerds.org/index.php/Hacking_the_Huawei_E220

5. http://www.google.com

- Harap di ingat di profile name aplikasi mobile connect (mac) atau mobile partner (windows) pilih TSel Internet (Volume Base) atau bisa di cek di settingan profile nya, bedanya adalah di APN nya, klo kita menggunakan TelkomselFlash Unlimited maka APN nya “internet” atau “telkomsel”. Jadi jangan pilih APN nya “flash” karena resiko nya tagihannya bisa beda glek …

- Untuk mengembalikan ke firmware asli yang belum di modifikasi dari telkomsel berdasarkan info bisa dilakukan dengan men download firmware versi aslinya dan di update lagi, tetapi ini belum saya coba karena saya baru aja langganan telkomsel dan belum berniat ganti kartu lagi

[ BACA-BACA DULU SEBELUM UPDATE, RESIKO UPDATE DITANGGUNG SENDIRI ]

Written by Ramdhani

Agustus 9, 2008 at 5:02 pm

62 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. halo ramdhani
    salam kenal

    aku suka artikel2mu
    ada pertanyaanku yg mungkin bisa kamu jawab/bantu
    bberapa hari yl aku dapat modem huawei E220 vodavone
    aku dah coba koneksi dg flash unlimited dan instal updatenya di winXP
    tp kenapa aku ngerasa koneksinya gak terlalu memuaskan
    baik di winXP maupun mac (leopard)
    nggak spt koneksi temanku yg pake modem yg sama
    perlu diketahui sinyal 3G di daerahku tinggal terdeteksi
    kira2 apa yg harus dilakukan ya?

    trims responnya

    chandra

    Agustus 12, 2008 at 7:27 am

  2. halo2 salam kenal juga chandra.makasih2.

    hmm gitu ya,udah di update ke firmware terbaru seperti yg saya lakukan ya ? trus coba deh gonta ganti APN nya pake “internet” atau “telkomsel”, berdasarkan pengalaman dan cerita teman2 pake APN “internet” lebih stabil dibanding “telkomsel”.
    kondisi sinyal gmn bagus ga, karena faktor lokasi jg berpengaruh ? dapet sinyal 3G y harusnya sih lumayan speednya, coba di cek speed nya dapet berapa lewat speedtest.net ? bedanya jauh ga sama temennya ? bisa macem2 sih penyebabnya.

    emang sih kayanya bisa dibilang telkomselflash itu agak untung2 an kenapa ya karena banyak temen yg merasa tidak puas karena lambat, putus2 dsb. Tapi ada juga bebrapa temen yg puas karena ga ada masalah.

    smga membantu

    Ramdhani

    Agustus 12, 2008 at 12:45 pm

  3. Tanya bos,

    Kira2 ini berlaku untuk Hacintosh gak (OSX yang dinstall di PC biasa)?

    Sebenarnya modemnya sudah bisa dikenali dan dipake untuk internetan di OSX 10.5.2 (install driver secara manual), tapi setelah aku nyoba update ke OSX 10.5.4, modemnya malah gak bisa dikenali :((

    thanks b4.
    dz.

    dezed

    Agustus 14, 2008 at 5:54 am

  4. @dezed
    harus nya bisa juga sih,karena update ini ga mensyaratkan mesin intel(X86) atau pun PPC, tapi belom pernah saya coba. ayo coba update aj , sy tunggu kabarnya itung2 update firmware kan hehe :)

    ps : resiko ditanggung sendiri hehehe

    Ramdhani

    Agustus 14, 2008 at 6:46 am

  5. Malam mas,…
    Keren banget blognya simple, padat, and best..
    dan juga dengan artikelnya..
    Mas ramdhani aku baru berlangganan telkomselflash…
    tapi baru besok diaktifinnya.
    kalo ada masalah tolong bantuin ya mas..
    tapi jgn doain ada masalah hehehe….
    thx mas.
    salam kenal….

    Randi

    Agustus 20, 2008 at 3:39 pm

  6. @Randi
    makasih sudah mampir.
    Sip klo ada masalah komen aja disini, nanti saya sampein ke posko telkomsel terdekat hahaha.
    Pokoknya klo saya bisa ya ta’ bantuin deh OK.
    salam kenal jg.

    Ramdhani

    Agustus 20, 2008 at 6:06 pm

  7. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com

    http://apple.infogue.com/update_huawei_e220_dan_telkomsel_flash_unlimited_

    an1k03a

    Agustus 21, 2008 at 2:17 am

  8. Mas Ramdhani,

    Saya jalanin update firmware & failed. Sekarang modem tidak dikenali, lampunya kedap-kedip aja.

    Mas Ramdhani bilang;

    …..mencoba kembali di PC yang lain (harus sudah ter instal driver Huawei e220)….

    Tapi saya punya tetap tidak terdeteksi. Ada saran, mas?

    Trims buat sharingnya.

    anelka

    Agustus 22, 2008 at 11:03 pm

  9. failed nya kenapa ya ? pas proses update error kah ? ada pesan error apa ? download firmware nya darimana ?

    OK sekarang cari PC Windoz lainnya yg sblumnya sdh terinstall huawai (sdh ada drivernya spya huawei bisa dikenali) coba cek di Control Panel-> System, trus liat di bagian modem walaupun tidak terdeteksi (di software mobile partner) karena error seperti yang saya alami, huawei akan dikenali disitu.

    Klo misalnya PC windows tsb belum pernah di instal huawei e220(blm ada driver nya) pasti windows akan meminta driver huawei karena tidak dikenali, dan kita jg ga bisa ambil driver bawaan dari huawei karena ga ke detek. Coba download driver huawei (tanpa software) disini :

    http://www.ziddu.com/download/1997240/huawei_drivers_2038SP09.zip.html

    Klo sudah dikenali baru di coba update firmware lagi (klo situ download frimware dari situs telkomsel harap ikuti petunjuknya jg) dan pastikan kabel USB tercolok dua2nya supaya transfer data pada saat update ga terganggu.

    itu dulu mungkin, krna sya blm tau error nya dimana. semoga berhasil :)

    ps: klo msh failed/error jg add YM sy aja siapa tau bisa bantu pas online.
    YM ID : dhanx6

    Ramdhani

    Agustus 23, 2008 at 2:28 am

  10. Saya jalanin update yg dr link 1. Prosesnya baru jalan krg dr semenit lsg keluar error (saya lupa msg nya). Saya cb jlnin lg updatenya, tapi retry terus bhw modem ga ditemukan. Saya cabut usbnya, restart komp, colok lg. Ga keluar apa2. Drive cd yg ada software mobile partnernya jg ga muncul di mycomp. Huaweinya vodafone. Saya jg cb pasang ke komp yg blm diinstall driver e220, tapi ga muncul pesen new hw found.
    Kl mas punya wkt itu masih terdeteksi ya?

    anelka

    Agustus 23, 2008 at 4:51 am

  11. link 1 itu dari sini ya => http://www.mobilebroadbandrocks.com/huawei-e220-72mbps-firmware-update.
    berarti sama sprti pengalamn sy pas update kmrn failed ditengah jalan trus ga ke detek pas coba update lg di retry pesannya modem ga ditemukan.
    nah pas itu sya coba di komputer PC windows yg belum pernah di install huawei disitu, makanya sya pake driver huawei dari sini : http://www.ziddu.com/download/1997240/huawei_drivers_2038SP09.zip.html
    (karena huawei ga terdeteksi dan dia minta driver atau update manual lewat Control Panel)
    Setelah driver terinstall huawei dikenali, sya coba update lagi dan bisa.

    Ada beberapa yg perlu di coba :
    => Di komputer PC coba di cek di Control Panel->System itu, terbaca huawei ga disitu, klo sdh terbaca berarti sdh ada driver disitu (dan ga akan muncul new hw found) tapi mmg karena update failed, huawei jadi error dan ga akan muncul di MyComp.

    Nah klo misalnya pas mau di update firmware nya msh modem not found coba driver yg lama di hapus/update dari sini : http://www.ziddu.com/download/1997240/huawei_drivers_2038SP09.zip.html
    (tapi klo blm ada driver ya di instal dulu)
    Pokok nya huawei harus sdh ke detek dulu di System Windowsnya nya, baru bisa coba di update lg.

    => Coba di update lagi pake file yg sebelumnya
    atau (takutnya file downloadnya nya rusak)
    => Coba download firmware lainnya dari sini :

    http://www.vodafone.de/hilfe-support/technischer-support/97017_106487.html

    (file nya sih sama deh kaya dgn link 1 tapi coba aja)

    atau cari link download lainnya

    => atau dari situs resminya huawei, tapi firmwarenya ga update yg terbaru ( B266 klo yg baru B268 ) :

    http://www.huawei.com/mobileweb/en/doc/list.do?type=-1&id=736

    (untuk yg ada kodenya UTPS itu merupakan update untuk software standar bawaan huawei klo di windoz mobile partner, nah firmware nya yg ada kode HOST nya itu firmware nya). klo mau update ya firmware(yg 13MB an itu) dulu baru, software nya dgn kode UTPS itu (ga mesti di instal).

    => atau klo situ pake telkomselflash coba aja donlod firmware yg udah di modified sama telkom itu. klo ga pake telkom ya cari link lain aja(link diatas).

    Oya coba baca link referensi yang saya kasih diatas,mungkin bisa membantu. dicoba-coba terus aja pasti bisa kok sama coba searching di google jg soalnya banyak jg kok kasus yg error pas update gitu. semoga membantu

    Ramdhani

    Agustus 23, 2008 at 6:19 am

  12. Met pagi, Mas. Recovernya dah berhasil. Trims atas bantuannya. Kawan saya punya yg t-mobile, updatenya berhasil. Tapi waktu jalanin mobile partnernya, keluar message “The SIM/USIM car has not been detected or is invalid”. Kalo coba pake aplikasi kulankendi simlock status enabled. Ada cara unlocknya ga yah?

    anelka

    Agustus 28, 2008 at 2:27 am

  13. halo, klo blh tau cara recover nya gmn tuh ? di update dari link yg mana ?
    krtu nya blm ke detek yah, coba tes gonta-ganti kartu kebaca ga di mobile partner itu.
    coba baca disini (update firmware dan software mobile partner(kode UTPS)) ada yg berhasil dan ngga sih.

    http://www.avforums.com/forums/showthread.php?t=696311

    Ramdhani

    Agustus 28, 2008 at 3:21 am

  14. alow mas,…
    makasih byk ata infonya,…

    nama saya dadank,…
    lokasi di Makassar,…
    sy salah satu pelanggan telkomselFLASH unlimited,….1 bulan brjalan,….
    sebelumnya konek pake’ HP,…LUAR BIASA LAMBATnya,…
    akhirnya stlh dana cukup,…ada juga Huawei E220nya,…hhehehehehe :P

    sy sudah menikmati kelancaran koneksi dgn firmware trbaru Huawei E220,….
    dgn mndownload versi dr telkomsel,…

    yg sy ingin tanyakan,…..
    gimana setting u/ koneksi telkomselFlash unlimitednya,….???

    krn di pengaturan Time Based dan Volume Based,….

    Thank u mas,….

    Dadank

    Agustus 28, 2008 at 8:29 pm

  15. coba cek aja di bagian “setting”, liat disitu APN nya klo time Based itu pake APN=flash langsung dihapus aja krna ga dipake, dan klo Volume Based itu pake APN=internet itu bisa dipake settingannya karena APN nya sama, trus bikin baru lagi dengan APN=telkomsel buat swaktu2 ganti settingan klo misal APN “internet” bermasalah krna ssh konek atau lambat.

    FYI APN telkomsel flash unlimited bisa pake “internet” atau “telkomsel”

    Ramdhani

    Agustus 29, 2008 at 1:42 am

  16. sy udah update mas,…
    alhamdulillah,…pembayaran sy jg ngga’ jebol,…brkat panduan mas untuk setting APNnya,…

    sy mo nanya neeh mas,…
    kalo udah di update firmwirenya, pake yg dari telkomsel,….
    apakah sy msh bs make’ bua kartu lain,….indosat misalnya,….

    kalo ngga’…..cara balikinnya gmana,…??
    trus kalo sy update firmwarenya, bkn dr telkomsel,….apakah speednya sama dengan firmware telkomsel mas,…???

    thank u b4,….

    Dadank

    September 2, 2008 at 9:11 pm

  17. @Dadank berhasil, gampang kan .

    => sy mo nanya neeh mas,…
    kalo udah di update firmwirenya, pake yg dari telkomsel,….
    apakah sy msh bs make’ bua kartu lain,….indosat misalnya,….

    bisa , sy udah coba pake indosat. tinggal di setup aja APN dll.

    Ramdhani

    September 3, 2008 at 3:57 pm

  18. tanya dwonk, gmana ya caranya supaya bisa pake simcard dari operator lain? soalnya saya sudah tidak langganan flash unlimited.jadi pengen coba pake operator laen .huawei E220 saya beli dari telkomsel, pernah saya coba2 dengan operator laen tapi ga mau. mungkin di blok ama telkomsel ya? modemnya sy sudah upgrade dgn firmware yg dari telkomsel. ada yang pernah coba dan berhasil. thanx b4

    insan

    September 4, 2008 at 2:10 am

  19. setau saya klo sudah update dari fw telkomsel, tidak bisa lg pake kartu lain.. dgn kata lain harus di unlock. ada yg tau gmana cara unlock nya?
    karna banyak teman2 yg gagal. saya mohon bila ada yg tau di beri step2 nya.
    saya juga pake huawei e220 bawaan flash yang ingin di UNLOCK agar bisa di gunakan kartu lain.

    terima kasih.

    cute_and89

    September 4, 2008 at 12:24 pm

  20. ts nya lom nonggol juga huehuehue

    cute_and89

    September 13, 2008 at 9:43 pm

  21. @cute_and89
    sya sdh coba setelah di update pake fw telkomsel masih bisa digunakan dgn kartu indosat3G yg saya pake jg(di windows), itu bisa krg lebih sebulanan ga ada masalah. Tapi akhir2 ini setelah sya coba lagi ga bisa dipake lagi ada pesan error masalah network register gitu (sya lupa pesannya). Skrg sy blm sempet oprek lagi, coba klo ingin unlock baca comment sya sebelumnya dan
    coba baca disini dulu ada yg berhasil dan ngga sih.

    http://www.avforums.com/forums/showthread.php?t=696311

    Saya pribadi blm coba membalikkan lagi ke kondisi semula, blm smpt nnt klo luang mungkin ta coba secara indosat sy ga bisa dipake(di windows). Tapi klo di laptop mac sya masih bisa pake tuh kartu apapun walaupun pake fw telkomsel.jgn2 yg di lock cuma mesin windoz aj hehe. smg mmbantu

    Ramdhani

    September 14, 2008 at 5:15 am

  22. unlock e220 gratis nih…dah coba & berhasil..hebat euy….

    http://xvrsfrnssks.blogspot.com

    agusyon

    September 17, 2008 at 7:54 am

  23. unlock huawei e220..gratiss pisan..

    agusyon

    September 17, 2008 at 9:00 am

  24. saya berlangganan telkomflash, tetapi karena ada masalah dengan tagihan maka akhirnya saya akhiri kontraknya dan menebus modem huawei dari telkom. Akhirnya saya coba untuk pindah ke indosat. Tetapi modem tidak bisa digunakan. saya coba unlock dari http://www.avforums.com/forums/showthread.php?t=696311
    Proses update firmware berjalan dengan sukses, begitu juga dengan dashboard nya. Tetapi waktu saya coba dengan kartu indosat keluar tulisan “The SIM/USIM car has not been detected or is invalid”
    Padahal untuk masalah setting APN dll sudah benar.

    Saya ingin mencoba link dari agusyon, siapa tahu berhasil. Tetapi apakah saya perlu mengembalikan settingan fw dari telkom lagi seperti semula? atau bisa saya update langsung?? Trimakasih.

    aristo

    Oktober 15, 2008 at 5:15 am

  25. Bagi yang ingin berlangganan Telkomsel Flash, lebih baik ga usah deh. kalo ga mau seperti pengalaman saya yang sangat menyebalkan. tapi jika ada yang ingin berlatih kesabaran silahkan saja.
    kalau ga percaya lihat saja pengalaman saya disini

    miko

    Oktober 23, 2008 at 10:25 am

  26. aq jg lg pake huawei e220 bundling vodafone, tp kok agak lambat ya… trus pas aq mau donlot something, aq pake IDM…eh alhamdulillah speednya nambah. Apa musti donlot sesuatu dl ya saat browsing biar lbh cepet :)?

    joko

    November 10, 2008 at 6:37 pm

  27. hayooo… sapa yang mo unlock modem huawei e220…
    dijamin berhasil dah… soale aku dah cobain beberapa modem huawei yang tipe e220… sukses banget tanpa ada masalah… modem langsung bisa dipake untuk kartu apa aja…

    iyansaja

    Desember 8, 2008 at 3:11 pm

  28. klo modem Huawei e220 Muncul pesan error :
    “a connection to the remote computer could not be established, so the port used for this connection was closed. For further assistance, click More Info or search Help and Support Center for this error number”
    artinya apa mas ya? tq mohon kirim infonya ke email skoer_abdul@yahoo.co.id

    ABDUL SYUKUR

    Desember 14, 2008 at 3:08 am

  29. Saya udah pake modem ini 2 mingguan, awalnya sih tanpa masalah, koneksi lancar2 aja, baru aja kmaren mau internetan lagi, tiap modem dikonek ke pc pasti kursornya eror, ya pindah2 sendiri gitu. Modem Huawei E220 firmware 11.117.10.00.00, modem itu dah 7,2Mbps. Tolongin dong solusinya..apa perlu aku upgrade firmwarenya ya? jadi takut nih…Thanx before.

    Triyoga

    Januari 3, 2009 at 4:04 pm

  30. NUmpang ngejual barang ya bos…

    khusus buat temen2 yang berdomisili di jabodetabek,Dijual Modem Huawei e220 second Rp. 800.000,-, baru beli(tggl 19/12/2008), kondisi masih bagus..garansi 1 tahun
    dijual butuh, gak ada cacat….bagi yang berminat hub rian,(no hp 02199329973)…

    rian

    Januari 9, 2009 at 12:03 am

  31. mas..gue mo nanya?knapa modem cdma saya ngak bs kepake di pc saya klo uda pake modem Huaweie220..nanti bs kepake klo hapus dulu drivnya yg Huawei.lalu instal lagi yang cdma…Thanx

    goen

    Januari 17, 2009 at 5:31 pm

  32. Maaf nih mo nanya nih..
    knapa yah modem huawei ku setelah aq update firewareya ko tiba2 tdk bisa baca kartu pas aq lihat di optionnya no s/n nya tdk terbaca…apa karena bajakan atau gimana…trsus gimana solusinya jd pusing nihhhhhh

    agakoi

    Februari 4, 2009 at 1:58 pm

  33. fireware skrng 110.117.10.00.00

    agakoi

    Februari 4, 2009 at 2:00 pm

  34. Salam kenal mas ramdhani ! bos gw mo minta tolong sm mas masalah modem e220. sdh 3hari yg lalu gw resah krn modemx sllu error di tengah proses, jd gw minta tlong di ajarin sm mas ramdhani gimn carax modem sy di upgrate(update) sperti modem mas ramdhani,sy lihat website mas ternyata mas berhasil.maaf yaa mas Apa ada no handphone yg sy bisa hub spy lebih lancar lagi?

    hakim

    April 4, 2009 at 2:49 pm

  35. eit ketinggalan…..
    tolong kasih tau donk…
    caranya liat pulsa pake fodavone (huawei-e220) biar gak repot harus dipindah ke hape…
    makasih … ngrepotin……

    razan

    Mei 26, 2009 at 9:06 am

  36. Mas Ramdhani, salam kenal sekalian mau nanya…
    1. Saya juga pakai modem huawei e220 yg bukan dari telkomsel, tapi saya pakai telkomflash
    2. saya ikuti petunjuk mas Ramdhani dan udah up date, tampilannya emang jadi warna merah
    3. tetapi kok gak bisa langsung auto run di MBP saya ya?…tapi saya coba di PC ok-ok aja…

    Makasih banyak ya…

    Dhaeri

    Juni 10, 2009 at 5:27 pm

  37. Mas Ramdhani, salam kenal. saya mau tanya…

    kemarin saya beli modem e220 optus yang versi 7.2mbps…
    disitu tertulis modem ini tidak boleh diupgrade maka modem akan terlock dan garansi akan hangus…

    sayangnya sebelum saya membaca itu saya sudah mengupdatenya dengan update dari telkom… setelah saya update tidak bisa terkoneksi lagi, sepertinya modemnya sudah terlock…. bagaimana yah cara membuka locknya ? apakah masih sama dengan menggunakan link modem original yang mas post di pic atas

    lalu yang kedua
    saya menggunakan apn telkomsel, tapi setelah saya cek pulsanya membengkak hingga 1jutaan lebih… saya kaget, berarti saya salah setting yah?

    tolong dibantu …
    terima kasih

    Marta

    Juni 15, 2009 at 10:38 am

  38. missy maz…sy pngguna Halo Telkomselflash yg unlimited.tp modemx bli sndri (biar ntar bs pke krtu laen)…ga dri telkomselnya.modem sy huawei e220.kata pnjualnya modemnya dah d update.kcepatan smpe 7,2 Mb.dia ngelarang nge’update software versi laen.krn garansinya bs hanguz.
    salahnya sy,sy ga nyoba wkt belinya.

    tiap konek,slalu error “619”….ap perlu sy update???atw sy slh settingan???punya sy mobile partner maz…mksi sblmnya….

    salam “SUPER”…heheheh

    nitro

    Juni 22, 2009 at 12:52 pm

  39. mas ramadhan…

    salam kenal ya…

    aq maw sharing…

    aq punya masalah yang sama dengan mas ramadhan…

    tapi modem q tu ga kelihatan di system -> device manager

    apa solusinya?

    arditra putu

    Juli 6, 2009 at 1:59 pm

  40. @ Dhaeri , sy bisa tuh autorun pake OS X Leopard, atau klo ga mau repot icon nya set ke dock aja.
    @ Marta, wah ke lock ya mas di coba2 dulu aj mas di update ulang atau bawa ke tempat servis klo bingung hehe. klo apn harus nya ga msalah bisa pake “internet” atau “telkomsel”
    @nitro, sy juga suka error kaya gitu pas sebelum update tapi ga mslh soalnya muncul kadang2 aja sih coba di cek settingannya deh, mungkin salah setting n coba di tes di komputer lain

    Ramdhani

    Juli 11, 2009 at 4:39 am

  41. aku mau tanya ni knp setelah aku format/pastisi ulang drive c kok koneksiku jadi lambat sekali ( 5kbs/sec) padahal sebelum aku format bisa sampai 50-90kbs/sec paling rendah pun 15kbs/sec
    knp ya ada yg bisa bantu?semua setting uda betul,tp kenapa ya?tolong bantuannya..ty

    yaury

    Juli 11, 2009 at 5:41 am

  42. tank’s ya semuanya…atas informasi n link download nya….modem gue dah balik berfungsi lag ne…

    tadi nya sofwarenya n modemnya baik-baik ja tp setelah beberapa hari anjlok habis….kaya gak detec gitu (timbul tenggelam Devicenya)setelah di apgrate sofnya (mobile partner) ke mobil conect,,,nah tu dia jadi baikan…gak pake ngambek lagi……hihihihihi…

    nah tu dia yang gue kagak ngerti sof yang terbaru yang mana ya (mobile partner or mobil conect)?????????????

    paol

    September 2, 2009 at 8:51 pm

  43. tank’s semuanya..atas informasi n link downloadnya..

    modem gua dah aktif kembali….kagak da kata ngembek gi……setelah gua upgrate sofnya (mobile partner) ke Mobile conect..

    sebelumnya modem gue sulit detect nya (timbul tenggelam gitu)…gue juga gak tau permasalahanya dimana nah saya find ja tu di internet…lalu saya ikutin ja apa yang disarankan…..nah sekarang modem gue berhasil detect n conec lagi……

    saya jd + bingung sof asli n terbarunya yang mana ya? (mobile partner or mobil conect).

    paol

    September 2, 2009 at 9:04 pm

  44. Gw ad mslah nih…
    Gw pke bandluxe c120 telkom flash… Udah 2 bulan d cba… Muncul error 619 d pc, trus d laptop kgak mau terinstal…pas d klik d my computer lngsng hang…gw pke xp sp2 d pc dan vista home basic d laptop…mhon bntuannya..

    Math

    September 19, 2009 at 1:43 am

  45. Kemarin e169 tsel flash saya dipinjem temen, dan ternyata firmware serta dashboardnya telah diupgarde dr huawei. Tampilannya jadi mobile partner dan bukan tsel flash lg. Gimana ngembalikannya ke firmware dan dashboard tsel flash lg ?, thx.

    Masdhar

    Oktober 5, 2009 at 6:50 am

  46. boz kalau sama im2 gmna??
    padahal gw pakai im2 broom yg sebulan 200..
    tapi hasilnya mengecewakan…
    lemod bgt…..
    saya juga pakai huawei e220
    gmna solusi ny mas

    rdee

    Oktober 31, 2009 at 5:20 pm

  47. dear sedulur…

    ane mau tnya ni, ane beli modem Huawei E220, kt penjualnya itu all operator, pas dirumah ane coba pake Flash kartu gk terdeteksi, ane coba pake Matrik 3.5G juga gk terdeteksi, klo pake Broom Im2 baru bisa kedetect, pls help me supaya modem yg ane pake skrng bisa terdetect T-Flash, untuk firmware nya sendiri sudah ane update dr web t-sel nya langsung, tapi kartu masih blm terdeteksi. mohon bantuannya. maturnuhuunn

    roby

    November 9, 2009 at 4:38 am

  48. hai…..salam knal…. makasih atas infonya,…. saya pake Huawei TIM,, setelah saya mengupdate E220 milik saya dengan setingan dari telkomsel flash… terasa perubahan pada kecepatan nya,,,, makasih ….

    zainuddin

    Maret 16, 2010 at 7:44 pm

  49. salam kenal…….
    emang nggak ada efek merusak di modem yang di update firmwarenya itu???
    trus kalau pake kartu lain bleh g updateannya dari telkomsel itu.. takutnya ntar di lock sama telkomsel…

    extrada

    Maret 20, 2010 at 8:18 am

  50. terimakasih infonya bos sangat bermanfaat sekali

    Yudi Bagus

    Juni 23, 2010 at 1:41 pm

  51. Salam kenal yahh… Masss….!
    Infornya menarik sekali….!
    Tapi sayang LINK yang di sarankan : http://www.telkomsel.com/web/device_and_setting
    kayanya udah da adatuh..!

    Ada alamat lain gak…?

    Thaks yah mas….!

    Emil

    September 30, 2010 at 4:21 pm

  52. mas minta tolong nih.
    memang kecepatannya sih cepat, tapi ada gak situs untuk download firmware asli dan software tampilan asli huawei e220, krn begitu tak instal updatenya, untuk baca sms malah makin ribet, kursornya suka pada lari2.
    makasih dan tolong balasannya

    rian

    Desember 21, 2010 at 5:51 am

  53. [...] This post was mentioned on Twitter by Wiraldi Kurniadi, Rangga Pandji. Rangga Pandji said: @Byusyem sugan ieu kapake http://t.co/KllxvaX [...]

  54. tanya bro,
    pake modem telkomsel flash tapi ga ada drivernya, gmana solusi tercepat dan tepatnya….!!!
    thanks before.

    fahrudin mukhlis

    Februari 23, 2011 at 3:08 pm

  55. saya kecewa sekali sama produk ini,,,,,karna udah q coba 2 kartu sulit cari sinyal saya kira perdananya ternyata bukan malah dri si modem ini sendiri…knpa kok bisa kyk gini kalah sama modem2 yg murah…

    beri solusi agar saya tidak kecewa ats produk ini

    bayu

    Maret 29, 2011 at 4:58 pm

  56. salam kenal bro aq rencananya mau beli modem tapi modem yg sinyalnya kuat yg pas untuk aq modem yg sperti apa ya thank’s

    fadil

    Mei 23, 2011 at 1:01 am

  57. Hy salam kenal aq
    rencananya mau beli
    modem tapi modem yg
    sinyalnya kuat yg pas untuk
    aq modem yg sperti apa ya
    thank ’s

    ilman

    Mei 23, 2011 at 1:03 am

  58. Bro, saya pake modem huawei e220 dengan kartu sim card telkom flash unlimited yang sdh kecepatan 7.2 mbps di NB Windows 7, iseng2 update firmware dan dashboard e220…eh tau2nya malah sim card tidak terdeteksi…dan kemudian parahnya lagi modemnya tidak terdeteksi juga…gimana nih solusinya ? sudah coba pindahin ke NB lain yang pernah makai nih modem…juga tidak terdektesi sim cardnya walaupun modemnya ke deteksi….mohon pencerahan dan solusinya…Thanks sebelumnya

    Hendrik

    Juli 19, 2011 at 4:18 am

  59. ada link firmware fo win7.nya ? saya coba pake link yg dari telkomsel tp sepertinya sudah tidak ada ..

    wuri

    Agustus 28, 2011 at 2:49 am

  60. mas, kabel usb huawei e 220 rusak, dimana bisa beli sparepart tsb. Kita di balikpapan nih. Lam hangat ya. Trims.

    enggal

    Oktober 25, 2011 at 6:33 am

  61. saya baru beli modem huawei e220, anehnya sinyal gaada sama sekali ,coba ganti kartu sama kom yg lain, hasilnya sama. kata temen sinyalnya rusak…mohon sarannya mas.

    adji nomoto

    Januari 8, 2012 at 8:45 am


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

