Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Setting printer LX300+ vs LX300+II di OpenSuse10.2

with 7 comments

LX 300+

Setelah beberapa hari pusing coba nginstall LX300+II dan menghabiskan beberapa meter kertas continuous form akhirnya ketemu juga solusinya. Btw kenapa pake repot-repot install di linux karena kebetulan saya sedang melakukan implementasi Billing System di Rumah Sakit, aplikasinya di develop dengan PHP dan MySQL dengan servernya menggunakan Open Suse 10.2. Keperluannya untuk mencetak tagihan/billing yang akan diberikan pada pasien sebagai bukti pembayaran.

Ok kembali ke topik, ternyata cuma masalah driver. Untuk printer LX 300+ kita add menggunakan printer manager, coba ikuti langkah berikut :

  1. Klik Manage Printer
  2. pada pilihan driver pilih raw

Nah untuk printer LX 300+II (support USB) , ternyata tidak bisa pakai driver yang sama. Pada pilihan driver pilih IBM -> IBM ProPrinterII.

Nah untuk mengetesnya klo printernya hanya printer lokal, ya langsung aja dites. Atau klo mau dites di console, pake perintah :

lpr -P[Queue name] namafile.txt

Tapi pada kasus saya adalah printer terletak pada komputer yang berbeda (jaringan) ya otomatis harus pake print Server dong, printserver nya harus di setting dulu. trus pada Manage Printer kita add printer lagi trus pilih LPD Style (klo ngga salah ya,nnt saya cek lagi hehe). Nanti akan diminta isi nama printer (isi apa aja), trus alamat printernya (IP print server). Setelah itu bisa di tes di console sama seperti perintah diatas.

Untuk mengeksekusi dari php ya tinggal dipanggil aja pake fungsi system() , perintah lpr diatas itu, seperti dibawah ini :

system(“/usr/bin/lpr $file”);

Ok printer is ready hehe.

Written by Ramdhani

April 13, 2007 pada 2:47 pm

Ditulis dalam Tak Berkategori

Tagged with ,

7 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. kayaknya artikel ini yang sy cari, sayang kurang lengkap.
    Keetulan lg ada masalah dengan pencetakan pada kertas continuous form (mencetak nota u/ billing..).gimana ya commandnya….Nantinya sy command itu sy buat script shellnya, lalu diapnggil di program yg saya buuaat (java). terima kasih sebelumnya…buat penulis

    syakri

    Mei 27, 2007 at 2:33 am

  2. ok trm kash untuk komentarnya, kurang lengkap ya maklum pas nulisnya jg spontan hehe. Nanti tulisannya akan saya update deh ok coba nnti dicek lg, mudah2an dpt membantu.

    furqon17

    Mei 27, 2007 at 4:35 am

  3. Saya mw tanya saya gunakan Printer LX 300+, tp saya kesulitan dalam setting printer…setiap kali akhir print selalu mencet tombol Load/eject dulu bisa ngeprint lg, yg saya mw tanya bisakah setting printer untuk kertas continousx kembali sendiri tanpa pencet tombol Load/eject terlebih dahulu?

    Terimakasih

    ALOISIUS FERNANDEZ

    Agustus 21, 2010 at 1:46 am

  4. duh, maaf saya masih belum mengerti..
    emang printer model LX 300 TU TRMAKCUD JADUL IA…
    SAYA DPT TUGAS TUK MENGINSTAL PRINTER LX 300..
    tpi gak diksh tau dengan guru saya info yang lebih jelas..
    dan sya cari di googel malah gak ada..
    sekalinya ada malah rumit…
    tolong dong bantu saya, tuk lebih jelas lagi untuk menginstal printer LX 300
    TRIMAKASIH..

    YUHNE

    November 2, 2010 at 12:43 pm

  5. Aslm.
    Kenapa setiap ngeprin di printer lx-300+II, selalu gk pas padahal udah di setting beberapa kali, tapi aneh setiap ngeprin tatap aja gk pas .
    Kenapa ???
    trims informasi nya .

    syafrizal

    Desember 3, 2010 at 6:48 am

  6. printer LX300+ tidak bisa melakukan print, tadi bisa, apa penyebabnya ?

    amri

    Desember 13, 2011 at 9:01 am

  7. thanks infonya ya.

    Jaya

    Juni 21, 2012 at 3:44 am


Tinggalkan Balasan

