Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Bollywood Movie and IT Industry

with 8 comments

film india

Setelah berkunjung ke kos temen di daerah pogung saya di beri oleh-oleh berupa kopian film india yang dibintangi oleh Sharukh Khan, Abhishek bachan, Rani Mukherje & Preety Zeenta. Tapi tulisan saya kali ini tidak akan me review cerita film tersebut silakan bagi anda penggemar film india di tonton sendiri.

Nah yang menjadi ganjalan di hati saya adalah ketika saya menonton film india ini di tempat temen saya yang lain, 2 teman saya yang secara tidak sengaja menyaksikan langsung kaget dengan agak terseyum sedikit (coba bayangkan) dan berkata “walah nonton india toh!”. Saya pikir klo dulu tahun 80an orang berkata seperti itu mungkin wajar karena india merupakan negara miskin, dengan tingkat korupsi yg lumayan tinggi pula (sy tau karena sering liat di film-film india dan tentunya baca koran juga dong).

Tapi karena saya sedang khusyuk menyaksikan film india maka saya tidak gubris pernyataan teman saya itu. Setelah saya pikir-pikir temen saya itu ngga gaul juga ya padahal India itu sekarang menjadi negara yang sangat maju di bidang IT dengan banyak nya perusahaan internasional yang mencari sdm disana dan juga banyak perusahaan-perusahaan asing yang mangkal di bangalore. Mungkin temen saya itu perlu juga tuh baca bukunya Thomas L Friedman yang judulnya “The World Is Flat”, baru tau tuh India kaya apaan. Bahkan di film Heroes yg lagi booming-boomingnya professornya orang India. Pegawai di microsoft banyak orang India, di Fakultas kedokteran UGM banyak orang india (sorry klo ini ga nyambung). Jadi intinya orang India sekarang ini di identikkan dengan orang yang memiliki intelektual yang tinggi.

Tulisan saya ini dibuat bukan untuk melegitimasi perbuatan saya yang kadang-kadang suka nonton film india. Tapi untuk bisa menghargai orang yang sedang menonton film india, o salah maksudnya bisa menghargai dan tidak menganggap remeh orang lain walaupun saya yakin teman saya tidak bermaksud begitu mungkin refleks aja ngeliat India inget gaya tarinya, gaya kampungannya etc.

Tapi seiring dengan zaman image itu sudah berubah dari yang dulunya negara miskin, negara korup menjadi negara yang diperhitungkan dalam kancah global di bidang industri TI. Bahkan National Intelligence Council (badan penelitiannya CIA) memprediksikan bahwa india dan china akan menjadi raksasa di bidang ekonomi.

Hmm when will Indonesia be the next India ??

Jadi klo ada temen anda yang sedang nonton film india tolong jangan meremehkannya apalagi memaksa teman anda untuk mengganti dengan film barat misalnya hehe. Saya juga ga tau apakah yg saya tulis ini penting atau ngga silakan dinilai sendiri deh.

Written by Ramdhani

Juni 22, 2007 pada 10:40 am

Ditulis dalam Tak Berkategori

Tagged with , ,

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Bener banget…..aku juga ngiri berat, kenapa India bisa melesat jauh, gak kayak kita yang segini-segini aja
    Kebetulan punya temen orang India yang tinggal di Bangalore, dan sering cerita-cerita tentang gimana di India gimana di Indonesia.
    Kadang- kadang malu juga sih ngaku kalo disini banyak gak beresnya.
    Ngiri orang India rata- rata bisa berbahasa Inggris, ngiri mereka maju banget dalam bidang IT, ngiri karena dimana- mana mereka dipekerjakan dengan pengakuan hasil pekerjaan yang bagus, sampe ada yang bilang di Timur Tengah, kalau mau punya usaha yang maju pekerjakan orang India, otak Barat gaji Asia ( hehehe…buntutnya gak enak )
    Saat ini mereka udah merambah kemana- mana, mengekspor orang- orang pinter, nah kita mengekspor apa??
    Ekspor TKI yang lebih sering digebukin di negara orang.
    Sudah saatnya kita mikir, kenapa mereka bisa maju pesat sedangkan kita nggak?

    diadevia

    Juli 19, 2007 at 3:44 pm

  2. haha, tanya kenapa?

    Ramdhani

    Agustus 7, 2007 at 2:44 am

  3. ada resensi film yg lain nggak ?

    robert Mendonca

    Oktober 16, 2007 at 4:51 am

  4. hidup bollywood

    benny

    Desember 31, 2007 at 7:31 am

  5. hidup film india…

    bisa ngasih referensi film india yang baru gx?

    klo da kasih tau..

    sea

    Januari 22, 2008 at 2:34 am

  6. walah…..

    enggak nyalahin yg bilang “walah…. nonton india tho…”
    lha emang bener kok, mendingan nonton film Indonesia daripada film India…nehi kom jahe-jahe……

    mbela dirinya kok mbandingin sama IT (dibandingin sama TKI segala seeh), walaupun ada kaitannya dgn film, tapi kagak nyambung gitu loh….

    kalo suka nonton film india ya bilang suka aja tho, itu kan nunjukin tingkat selera film anda

    coba bandingkan banyak mana Film Indonesia dengan Film India yg dapet penghargaan film Internasional?, banyak Film Kita Bro….

    kenapa mayoritas orang kita menganggap rendah film india ?, contoh simple, lihat aja sinetron di TV Indonesia, mayoritas buatan orang India…. dari segi tema, teknik dll ?, sami mawon…. kualitasnya?

    Not All Indian Film Are Bad, But Not All Good either

    lain kali bikin pembelaan yang keren dikit dong ah….

    TKI Indonesia

    Maret 31, 2008 at 7:40 am

  7. @ TKI Indonesia
    walah…..

    enggak nyalahin yg bilang “walah…. nonton india tho…”
    lha emang bener kok, mendingan nonton film Indonesia daripada film India…nehi kom jahe-jahe……
    mbela dirinya kok mbandingin sama IT (dibandingin sama TKI segala seeh), walaupun ada kaitannya dgn film, tapi kagak nyambung gitu loh….

    => ga nyambung ya hehe,emang saya ga niat mbandingin sama IT, jadi ya di sambung-sambungin aj deh🙂

    kalo suka nonton film india ya bilang suka aja tho, itu kan nunjukin tingkat selera film anda

    => menurut u, nonton india = selera rendah ? wew🙂 hehehe, aneh biasanya TKI-TKI indonesia malah seneng nonton film india loh

    coba bandingkan banyak mana Film Indonesia dengan Film India yg dapet penghargaan film Internasional?, banyak Film Kita Bro….

    => wah sy ga tau tuuh, karena sayah bukan pengamat film jd ga bisa menilai film itu bagus dari sisi mana menang penghargaan internasional(film festival), ato film nya laku. Yang pasti klo saya ke rental banyak film hollywood yg bintang nya dari india(mis:aishwarya rai dll) dan banyak film produksi india yang diputar secara global (internasional), entah apakah itu berarti industri film nya bisa dinilai baik atau buruk ?(karena saya bukan pengamt film). Tapi yang pasti saya suka nonton film dan setau saya india(bollywood) itu industri film nya terbesar ke 2 setelah hollywood dan di urutan ke 3 adalah hongkong CMIIW

    kenapa mayoritas orang kita menganggap rendah film india ?, contoh simple, lihat aja sinetron di TV Indonesia, mayoritas buatan orang India…. dari segi tema, teknik dll ?, sami mawon…. kualitasnya?
    =>ya sinetron TV di indo mah baik yg di produseri org india ato bukan, mesti kualitas jd pertimbangan nomer dua karena yg nomer 1 adalah rating(duit) dan karena itu yg jd pertimbangan utama adalah selera publik klo publik lg demennya film2 setan ya dibikin deh setantron (alias sinetron setan) begitu jg klo lg booming cerita cinta2an yg dibikin deh. (klo pembuat film/sutradara rata2 indo semua deh), kapitalis men.makanya pemerintah tuh harusnya yg bikin aturan yg jelas supaya kita dapat mendapatkan tontonan yg berkualitas iya ga

    Not All Indian Film Are Bad, But Not All Good either

    =>betuul bgt setuju

    lain kali bikin pembelaan yang keren dikit dong ah….

    => justru klo keren2 nanti ga ada yang komentar dong (wah membela diri lg nih) * kaburrr

    Ramdhani

    April 9, 2008 at 5:21 pm

  8. ya gitu deh emang orang indonesia kan jarang yang mengenal tentang akan prasaan jadi yang cinta ma film india jadi sedikit

    andik kan

    Mei 13, 2009 at 3:19 pm


Tinggalkan Balasan

