Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Tips membersihkan Macbook

with 12 comments

Tips ini saya dapat pas lagi berkunjung ke forum mac di http://mac.web.id/

Sudah beberapa minggu ini saya bingung bagaimana membersihkan macbook yang pada awalnya berwarna putih suci kini telah ternoda jadi agak kusam dan kehitam-hitaman. Hal ini terjadi karena saat memakai notebook tangan kurang bersih atau juga karena sering digunakan di luar juga terkena debu dan tercampur keringat pula. Ya jadilah macbook yang ada pada saya berubah warnanya ( agak hitam di palm rest dan juga di touch pad ). Dibawah ini contoh gambar macbook yang kotor :

discoloration macbook

Solusi :

1. Untuk membersihkan laptop saya pertama kali menggunakan Clear4Electronics (sori nih bukan promosi), bisa untuk membersihkan seluruh bagian laptop termasuk LCD. Tapi pembersih ini gagal untuk membersihkan noda hitam dan kusam yang sudah lama menempel.

2. Pasta Gigi/Odol (putih), nah ini adalah pembersih alternatif untuk membersihkan noda hitam dan kusam. Pada awalnya memang saya ngga percaya juga tapi iseng-iseng nyoba ternyata ampuh, noda hitam jadi hilang dan kembali putih woww. Saya juga baru tau selain untuk gigi ternyata pasta gigi alias odol bisa juga untuk membersihkan macbook. Oya jangan sampai anda membersihkan LCD juga dengan pasta gigi, nanti repot klo LCD anda berubah jadi putih ngga keliatan kan kkk, untuk membersihkan LCD saya biasa pakai Clear4Electronics.

3. Minyak kayu putih, nah ini juga bisa dipake buat pembersih, selain membersihkan efeknya adalah membuat macbook anda jadi mengkilap dan selama beberapa menit macbook anda akan beraroma minyak kayu putih.hehe

Sebenarnya ada beberapa cara lain lagi, misalnya ada yang bilang pakai alkohol tapi ada yang bilang klo pakai alkohol nanti bisa bikin terkelupas. Untuk alkohol saya juga belum pernah coba jadi belum bisa berkomentar banyak.

selamat mencoba

Written by Ramdhani

Juni 26, 2007 pada 2:09 pm

Ditulis dalam Tak Berkategori

Tagged with ,

12 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. numpang lewat niy..
    macbook putih (keyboard+lcd)itu bisa dibersihkan dengan kain halus yang nggak buluan, lembabkan sedikit ajah. bisa buat bersihin sekitar keyboardnya. ada juga yang bilang pake penghapus karet putih (mis. staedtler ) untuk menggosok bagian yang kotor. temen yang lain bilang pake bay clean tpi dikit aja pada kain lembab (untuk keyboard dan sekitarnya), meski macbook akan bau klorin .
    .

    layla majnun

    Juni 28, 2007 at 6:42 am

  2. ow makasih buat infonya, ada tambahan alternatif lg nih pake penghapus dan pake bay clean ya. Nanti sya coba deh

    Ramdhani

    Juni 28, 2007 at 9:48 am

  3. Wah saya malah belum punya… pinginnya sih MacBook Pro😉

    Jauhari

    Juni 29, 2007 at 6:42 am

  4. saya pending dulu deh prakteknya..
    soalnya macbooknya masih dalam impian..

    salam

    djaelani

    April 19, 2008 at 5:37 am

  5. saiga blandness disseminative leiomyosarcoma ocydrome pneumonopleuritis spongin outform
    ScarletStreet
    http://www.macbackups.com/

    Terrie Francis

    Juni 17, 2008 at 7:23 am

  6. Minyak kayu putih memang benar2 mujarab, bisa juga untuk membuat suara gitar akustik jadi nyaring😀

    andhika

    Februari 20, 2009 at 9:41 am

  7. Saya punya kasus yang sama, tapi dah coba pake pasta gigi kotorannya masih ada terutama pada tombol touchpadnya. Pasta gigi yang dipakai apakah yang spesifik merk tertentu atau gimana?

    made

    Februari 26, 2009 at 8:32 am

  8. @andika : ouw baru tau bisa jg untuk gitar akustik ya hehe
    @ made : klo pasta gigi sy pake pepsodent putih, setelah itu di bersihkan lg pake clear4electronics atau minyak kayu putih, tapi tergantung kotorannya jg sih.

    Ramdhani

    Maret 1, 2009 at 1:12 pm

  9. @ Tuan Dhani : uu dasar tuan ini iklan terselundup terus dari awal😛
    @ made..udah brp thn punya mac putihnya?sudah berapa kali coba dibersihkan sblmnya? klo ternyata sudah dua tahun n baru dibersihkan skrg waduh..kemungkinan besar mmg agak sulit utk hilang tuh. Tetapi klo masih baru or memang punya kebiasaan utk dibersihkan, sprtnya akan lbh mudah kok.
    Bener kata mas dhani, pake electronic cleaner (gak nyebut merk kan :D) biasanya cukup ampuh (itu klo saya sih) n klo ada tinta pulpen or kotoran yg menyentuh, itu hrs segara dibersihkan jgn diabaikan krn akan sulit klo sudah mengakar (halah apa coba mengakar :D) .. Tapi kadang saya klo tidak bawa clear electronic saat pergi2, saya bersihkan pakai body lotion yg putih (sorry gak bisa menyebutkan product dsini,ntar sprt tuan dhani lagi :D). Insya Allah bisa segera hilang and bersih kembali kok.
    Lalu utk mencegah hal2 yg tdk diinginkan terjadi dikemudian hari, saya lapis mac saya dgn sticker, klo touchpad nya mmg tdk bisa, krn klo dilapis akan kurang sensitif. jadi paling tidak area yg kotor jadi minimal lah😀
    Tapi klo masih sulit juga, lebih baik di LEM BIRU saja..lempar beri baru😀 hehehe.. yg lama dijual aja dech jgn dilempar😀 diganti dgn macbook pro
    (waduh kok panjang amat yak komennya..sorry ..sorry..hehhehhe)

    weedee

    Maret 9, 2009 at 2:40 pm

  10. Wah, tips yg bisa dicoba.
    Tapi kalo saya sih lebih suka melakukan tindakan pencegahan, yaitu dengan memasang keyboard protector dan make skin yang dipasang di bagian bawah keyboard dan dibalik monitor….^^

    Asop

    Maret 19, 2009 at 9:51 pm

  11. wahh.. makasih untuk tips nya…
    prihatin juga klo liat macbook yg mulus jg kusam…
    bikin tak sedap di pandang mata😀

    Hasan Ismail

    April 22, 2009 at 12:52 am

  12. emang kalo pake alkohol buat nyunyut macbook nya.. so jangan pake kalo gak mau nyunyut.. aku dah cobaa T.T

    Natalia

    November 17, 2009 at 3:16 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: