Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

buat aplikasi web pada iphone & ipod touch

leave a comment »

Ada 2 hal dari apple yang membuat saya tertarik pada awal tahun ini, yang pertama yaitu dirilisnya macbook air oleh apple yang disebut-sebut “the world’s thinnest notebook“, makanya saya kemarin pas megabazaar 2008 di jcc menyempatkan diri mampir di stand nya UMAX yang menampilkan macbook air sebagai hot item yang membuat para pengunjung tersedot perhatiannya (debu kali kesedot ..), eit jangan salah sangka saya cuma mau nyicipin secara gak sanggup belinya. Tapi saya gak akan membahas tentang macbook air karena cuman bisa nyicipin dikit jadi pastilah tidak objektif dan komprehensif, klo ingin review singkat ttg macbook air coba cek mas dicky [http://dicky.wahyupurnomo.com/2008/03/03/nyicipin-macbook-air/] atau juga di blognya Aa adinoto yang sudah pernah mengoprek-oprek macbook air.

Hal yang kedua adalah dengan dirilisnya SDK iphone yang dirilis pada awal maret kemarin, secara sempet nyicipin ipod touch punya teman yang notebene menggunakan framework yang sama dan interface yang sama juga.

ipod touch

Tetapi sambil menunggu SDK iphone di launching saya mencoba satu IDE yang bernama Aptana berbasis Eclipse yang bisa berjalan stand alone atau sebagai plugin pada Eclipse. Percobaan yang saya lakukan adalah dengan membuat aplikasi web untuk ipod touch menggunakan aptana dengan bahasa PHP dan setelah itu dites menggunakan emulator iphone pada aptana setelah berjalan lancar lalu kemudian di tes menggunakan ipod touch koneksi p2p dengan macbook white yang saya bawa voilaaa .. kereen euy.*sambil muter-muterin posisi ipod touch …

Aptana merupakan IDE yang khusus dibuat untuk mengembangkan aplikasi web dan terdapat dukungan terhadap library-librarry ajax yang populer seperti scriptaculous, dojo, jQuery, ExtJS, MooTools, dan lain-lain. Tapi library-library tersebut di embed sebagai plugin-plugin yang harus di download terlebih dahulu sebagaimana juga seperti pada Eclipse. Begitu juga untuk plugin untuk mengembangkan aplikasi web pada iphone harus di download terlebih dahulu. Untuk instalasi lengkapnya kunjungi situs aptana , Setelah di download maka pada Aptana akan terdapat semacam emulator untuk iphone yang akan menampilkan aplikasi web yang kita buat, menarik bukan.

iphone

Written by Ramdhani

Maret 26, 2008 pada 8:42 am

Ditulis dalam Apple, Programming

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: