Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Mitos-mitos Software Open Source

with one comment

Perkembangan akhir-akhir ini cukup menarik untuk dicermati pembelian MySql oleh Sun dan investasi IBM terhadap PostgreSQL. Tidak hanya di level perusahaan sekelas Sun, Oracle atau IBM yang berkompetisi dalam memperebutkan pasar database, tetapi berimbas juga pada pemain-pemain vendor software lokal di indonesia. Saya tidak akan memulai flame war yang memang sudah banyak terjadi di milis-milis ataupun di forum-forum tentang pilihan database yang baik untuk kita gunakan. Saya juga menyadari bahwa memilih database juga merupakan pilihan dan pastinya jika diminta memilih pastilah saya akan memilih sesuai dengan kebutuhan yang saya perlukan. Nah yang terjadi di lapangan kadang-kadang terjadi persaingan yang tidak sehat bahkan seringkali ada kampanye negatif terhadap suatu produk tertentu yang tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya alias tidak objektif, entah itu dikarenakan di sengaja atau memang orang yang menyampaikan itu tidak mengerti apa yang di omongkannya, lebih karena software yang dia dibuat dengan database oracle maka dia menyampaikan lah fakta-fakta yang tidak benar mengenai MySQL supaya client (yang kurang mengerti tentang IT) lebih memilih produk yang dia punya. Nah inilah yang saya temui baru-baru ini ketika bertemu dengan salah satu client di jakarta, kebetulan di tempat tersebut sudah ada vendor yang juga sedang melakukan pendekatan juga. Begini ceritanya dimulai ketika saya berbincang-bincang dalam melakukan assessment.

Saya : “Gimana pak, apakah komputer dan server hasil pengadaan kemarin sudah dipasang ?”

Client : ” O belum masih di gudang tuh, komputer PC nya kita pake Dell dan untuk servernya kita pake IBM”
. Tapi katanya pak jono (bukan nama sebenarnya dari vendor x) itu ga bisa diinstall linux ataupun mysql yang lain cuma bisa diinstall oracle aja tuh, apa benar begitu ? Coba saya telepon pak jono dulu

* pak jono akhirnya datang juga hehe, jadilah kita ngobrol bertiga

Client : Eh pak jono, kemarin katanya server itu cuma bisa di install oracle ya, ga bisa di install yang lain gimana-gimana tuh coba jelasin, saya juga ga ngerti soalnya ?

Pak Jono : iya pak, server IBM itu cuma bisa diinstall AIX OS dan Oracle , saya kemarin juga sudah konsultasi dengan orang IBM nya langsung (keren kan)

Saya : Oo gitu ya, klo boleh tau tipe server nya apa yah atau Spesifikasinya ?

Pak Jono : IBM P series klo tipe lengkapnya saya juga kurang tau …

Saya : O klo gitu nanti saya coba lihat servernya dulu, setahu saya semua produk IBM bisa di install Linux tapi nnt setelah saya lihat server nya akan saya coba cari referensi tentang itu pak .. (secara saya juga belum tahu spesifikasinya)

Kemudian setelah melakukan assessment, belakangan saya tahu tipe servernya adalah IBM P series Intellistation Power 185 dengan prosesor PowerPC (dikirain udah mati nih prosesor) yang notabene kompatibel dan bisa di install linux, hampir aja kena scam *weks

Berlanjut ke percakapan selanjutnya, sambil liat-liat server …

Pak Jono ; Klo mas dhani pake apa ya aplikasinya ?

Saya : saya pake PHP dan MySQL pak, jadi aplikasinya sudah web based.

Pak Jono : Ooo MySQL, yah klo server itu sih cukup lah untuk MySQL bisa nampung lah klo MySQL kan cuma sekitar 50 juta record

* percakapan ini saya ambil hanya bagian tertentu saja

Ok membahas sedikit tentang MySQL, banyak yang beranggapan MySQL cuma ” small database“, “toy database” dengan kapasitas yang kecil.

Sebenarnya tidak ada ada batasan yang jelas jumlah atau ukuran terkait dengan jumlah baris pada satu tabel di MySQl.contohnya 1000 field tipe varchar(255) atau tipe yang lebih besar pasti akan memakan ruang yang lebih besar. Jadi desain database nya sendiri berpengaruh terhadap jumlah record maksimal

Ukuran tabel maksimal yang efektif pada database MySQL ditentukan oleh batasan pada Sistem Operasi dan tipe File System yang digunakan terkait dengan ukuran data maksimal yang bisa ditampung, jadi bukan batasan dari internal MySQL. Berikut saya sertakan daftar Sistem operasi beserta batasan maksimalnya

Operating System File-size Limit
Win32 w/ FAT/FAT32 2GB/4GB
Win32 w/ NTFS 2TB (possibly larger)
Linux 2.2-Intel 32-bit 2GB (LFS: 4GB)
Linux 2.4+ (using ext3 filesystem) 4TB
Solaris 9/10 16TB
MacOS X w/ HFS+ 2TB
NetWare w/NSS filesystem 8TB

Selengkapnya tentang ukuran maksimal MySQL liat disini

Selain data tentang ukuran diatas kita juga bisa menyampaikan fakta “the world’s biggest Beowulf cluster of MySQL servers” yang digunakan di Data Center nya Google dan tidak lupa juga Yahoo yang menggunakan MySQL sebagai database pilihannya. Saya rasa ini cukup untuk membungkam orang-orang yang secara tidak objektif dan fair mengeluarkan pernyataan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilimiah (klo kata andrea hirata sih ga punya wewenang ilmiah) alias hanya omong doang (omdo hehe)

Jadi sebagian besar pernyataan yang menyudutkan MySQL itu hanya mitos-mitos yang digunakan untuk pedagang-pedagang software besar maupun kecil biasanya untuk melariskan dagangannya dan mendapatkan nilai transaksi yang lebih besar.

Mungkin ada yang mau menambahkan ?

referensi :

Written by Ramdhani

Mei 20, 2008 pada 2:04 am

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Nice blog
    Please Visit Me back

    Kidnet

    Mei 20, 2008 at 2:20 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: