Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

review paket internet unlimited wireless 100-500

with 15 comments

wireless

Pada tulisan kali ini saya akan coba sedikit me review tentang paket-paket internet wireless yang ada dipasaran dengan harga kisaran 100-500an ribu rupiah per bulan. Setelah lulus kuliah saya mulai berpikir sumber lain untuk ber internet ria yang selama ini di subsidi alias gratis dari kampus, selain daripada itu juga mulai menjaga etika ber internet dan hemat bandwidth(ga boleh lagi download gila-gila an) karena saya baru merasakan bahwa bandwidth itu mahal setelah lulus kuliah, maka dari itu saya buat review singkat ini sebagai bahan pertimbangan memilih provider internet wireless. Kenapa kok hanya wireless yang di review karena paket internet yang saya butuhkan adalah yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja diseluruh indonesia. Dan kenapa kok di kisaran harga 100-500 ribu rupiah ? Harga yang saya pikir masuk akal untuk penggunaan internet selama 1 bulan dan juga karena saya sanggup nya ya segitu hehe, syukur-syukur ada yang lebih murah atau gratisan tetapi sayang saya sulit sekali menemukan paket internet gratisan sekarang ini. Untuk info lebih lengkapnya silakan kunjungi situs provider yang bersangkutan.

1. Centrin-XL

Provider yang saru ini merupakan pemain lama di dunia layanan internet dari paket internet kabel lewat dial up sampai wireless dan mereka juga menyediakan layanan Data center dan web hosting.

Untuk paket internet wireless sendiri mereka bekerja sama dengan XL. Sebelum maret 2008 kemarin Centrin masih bisa mengakses jaringan 3G XL , tapi kemudian XL memutuskan layanan unlimited 3G nya kepada provider-provider yang bekerjasama dengan XL sperti Centrin, CBN, dan Jalawave (CMIIW). Jadilah Centrin-XL sekarang cuma bisa diakses dengan kecepatan 64 kbps (GPRS), mereka menawarkan harga sekitar Rp. 350 ribu rupiah per bulannya.

Dengan kecepatan 64kbps (64 kbps = 8 KBps) kita bisa mendapatkan kecepatan stabil di 5-8KBps, tetapi itu juga tergantung dari sinyal yang kita peroleh semakin baik sinyal semakin stabil pula koneksi kita, oya bagi anda yang ada daerah yang tercover EDGE/3G/HSDPA bisa mendapatkan kecepatan lebih tinggi walaupun tidak signifikan.

Karena centrin menumpang jaringan dari XL maka apabila di daerah yang kita diami kualitas sinyal XL buruk maka buruk pulalah koneksi internet kita, itu yang saya alami ketika sedang berada di daerah Meulaboh , Aceh. Di meulaboh bahkan sulit sekali untuk bisa konek ke jaringan XL, kemungkinan besar di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau dengan baik oleh XL akan mengalami kejadian yang serupa.

status : pernah pakai selama 2 bulan

2. CBN

CBN menawarkan beberapa paket internet wireless, antara lain :

=>CBN Mobile 3G

Service Registration Charge Usage Limit Monthly Charge Additional Usage Extra CBN Hotspot/ month
3G Zero Rp 50.000,- Rp 30.000,- Rp 0.35/KB 2 hours
3G 500 Rp 50.000,- 500.000 KB Rp 165.000,- Rp 0.30/KB 5 hours
3G 1000 Rp 50.000,- 1.000.000 KB Rp 300.000,- Rp 0.28/KB 8 hours

Untuk paket layanan CBN Mobile 3G juga bekerjasama dengan XL, jadi dari sisi kualitas sinyal sendiri memang tergantung dari XL sama seperti Centrin, tetapi karena berada di jaringan 3G(384 kbps) maka dari sisi kecepatan pengguna akan mendapatkan kecepatan lebih tinggi.

=>CBN Mobile thru Fren

Baik Fren maupun StarOne berada di jaringan CDMA merupakan jadi pertimbangan alternatif tersendiri karena baru kota-kota besar saja yang biasanya sudah ada jaringan CDMA, jadi jangan harap sekarang ini di daerah-daerah terpencil sudah ada jaringan CDMA.

Rp 160,-/minute (10% VAT not included

=> CBN Mobile thru StarOne

Idem dengan Fren

Rp 160,-/minute (10% VAT not included)

3. Jalawave

Jalawave merupakan provider internet wireless yang bekerjasama dengan Mobile8(Fren) untuk jalur CDMA dan XL untuk jalur GPRS. Pada BTS GPRS kecepatan akses maksimum adalah 64 kbps.

Untuk tarif layanan CDMA time based sama seperti layanan yang diberikan CBN yaitu Rp. 160,-/menit (blm PPN). Sedangkan untuk tarif layanan GPRS unlimited sekitar Rp. 300 ribu per bulan.

4.Mobilequ Colony (dulu Quasar)

Quasar juga salah satu provider internet yang bekerjasama dengan XL.

Layanan MobileQu Colony merupakan layanan akses internet berbasis sharing bandwidth (berbagi bandwidth) sehingga kecepatan aksesnya selalu bergantung kepada jumlah pengguna yang sedang aktif secara bersamaan.

Layanan MobileQu Colony merupakan layanan akses internet berbasis sharing network (berbagi jaringan) dengan layanan-layanan lainnya dari operator GSM sehingga ketersediaan dan kecepatan aksesnya juga sangat bergantung kepada beban aktivitas BTS pada saat akses internet dilakukan. Hal ini juga sama seperti yang terjadi pada Centrin, CBN dan Jala Wave.

Tarif paket Pemula (ditujukan untuk penggunaan internet harian personal, seperti browsong, chatting, emailing dan light download) :

  • 256 Kbps sebesar 330 ribu per bulan
  • 384 Kbps sebesar 473 ribu per bulan
  • 512 Kbps sebesar 594 ribu per bulan

Kecepatan maksimum akses internet layanan MobileQu berbeda pada setiap BTS:

  • Pada BTS GPRS kecepatan akses maksimum adalah 64 kbps.
  • Pada BTS 3G (node B) kecepatan akses maksimum adalah 384 kbps.
  • Pada BTS 3.5G (HSDPA) kecepatan akses maksimum adalah 512 kbps

Tapi memang quasar ini sempat ramai di forum-forum karena memiliki banyak keluhan dari pelanggan terkait dengan kualitas layanannya, silakan cek di google tentang keluhan-keluhan pengguna quasar, bahkan seoran teman saya yang menggunakan quasar pun mengeluh tentang layanan dari quasar ini. Saya juga tidak mengikuti perkembangannya apakah sudah ada perbaikan dari pihak yang terkait, semoga saja sudah.

5.Indosat M2

Indosat M2 merupakan provider yang saya pernah saya rasakan memiliki kualitas layanan yang baik, baik dari cakupan area maupun dari segi kecepatan. Untuk kota-kota besar yang sudah tercakup dengan jaringan 3G maupun HSDPA pasti bisa merasakan nikmatnya ber-internet ria dengan layanan tercepat saat ini hingga 3,6 Mbps, dengan menggunakan data-card/High Speed Modem (HSDPA)

Ada beberapa paket yang ditawarkan indosat m2, antara lain :

1. PAKET ECO!
Harga Rp. 160.000/bulan
Quota 700 MB/bulan
Kelebihan Pemakaian Rp. 0,4/KB
2. Paket You
Harga Rp. 350.000/bulan
Quota 1,2 GB/bulan
Kelebihan Pemakaian Rp.0,35/KB
Indosat di awal tahun ini juga mengeluarkan paket broadband pra bayar, kebetulan saya juga pernah coba paket perdana seharga 150 ribu dengan kuota 160MB. Lumayan cepet tapi sayang baru seminggu langsung habis dan tidak bisa digunakan lagi sebelum di isi ulang. Nah itu lah salah satu pertimbangan kenapa saya mengutamakan memilih paket unlimited supaya ga kebablasan.
Yang mungkin banyak dikeluhkan oleh kebanyakan orang adalah proses pembayarannya yang harus menggunakan kartu kredit, jadi yang belum punya kartu kredit silakan dibuat dulu deh.
Untuk daerah-daerah saya pikir cakupan indosat cukup baik dibandingkan XL bukan maksud menjelekan tapi ini fakta yang saya alami selama ini, semoga ke depan XL lebih baik lagi.
6.Indosat broadband 3.5G (Matrix)
Indosat 3G Matrix adalah layanan akses voice, SMS/MS serta data seperti eksisting saat ini. Perbedaannya adalah pada layanan data/internet nirkabel dimana layanan ini memiliki kecepatan tinggi dengan teknologi 3G. Indosat 3G Matrix juga menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Data Packet Access) yang mampu menyediakan kecepatan data sampai dengan 2.6 Mbps
IM2 yang notabene anak perusahaan indosat seperti yang saya tulis sebelumnya juga meluncurkan paket layanan Indosat broadband. ProdukIM2 fokus pada data sehingga meskipun menggunakan sim card (USIM) tetapi tidak dapat menikmati layanan voice, SMS/MMS yang skema tarifnya tidak jauh beda, mungkin indosat punya strategi tersendiri sebagai diferensiasi produk yang sudah ada.
Skema tarif :

Paket Internet

Tarif Promo

Biaya kelebihan paket

Tarif Standard

250 MB

90 rb

0,5,-/KB

90 rb

750 MB

200 rb

0,5,-/KB

200rb

1.5 GB

130 rb

0,5,-/KB

300rb

3 GB

275 rb

0,5,-/KB

500rb

6 GB

450 rb

0,5,-/KB

900rb

status : sedang dipakai saat ini karena ada tarif promo selama 3 bulan (paket 1.5 GB)
udah habis masa promosi sekarang ganti kartu lagi 🙂
kelemahan matrix indosat3g broadband adalah sistem monitoring quota yang tidak akurat/real time misal sekarang tanggal 10 tapi informasi penggunaan yang ditampilkan masih tanggal 5, mungkin bagi anda yang penggunaan internetnya wajar alias cuma browsing saja bukan jadi masalah tapi klo anda hobi download atau streaming di youtube menjadi masalah serius karena mesti akan sering  over kuota karena kesulitan memonitor kuota yang sudah terpakai itu yang terjadi pada saya hiks, harusnya bayar 130rb karena over kuota bayar sampe 300 ribu lebih wew. *
7. XL
Harga paket internet XL 3G-HSDPA:

  • Xplorer 250 MB

Rp. 99.000 / bulan

  • Xtion 1 GB

Rp. 279.000 / bulan

  • Extreme 3 GB
Rp. 499.000 / bulan
Untuk XL sendiri saya belum pernah coba tapi dari pengalaman teman saya yang menggunakan XL cukup puas dengan layanan, tapi klo sudah ke daerah-daerah yang belum terjangkau XL ya sama juga.
8. Telkomsel Flash Unlimited (New Product)
Telkomsel Flash merupakan salah satu produk layanan internet dari Telkomsel yang juga sudah mendukung 3G dan HSDPA. Pada awal nya saya tidak begitu banyak tertarik karena paket layanannya lebih mahal jika dibandingkan XL dan Indosat M2. Tetapi baru-baru ini dalam rangka memperingati Ulang Tahun TELKOMSEL ke 13 pada 26 Mei 2008, TELKOMSEL melalui produknya TELKOMSELFlash memperkenalkan 1 varian paket barunya : PAKET UNLIMITED !
1.PAKET UNLIMITED (tanpa modem, tanpa Kontrak)
No.

Package

Monthly Fee

Speed

1

Basic

Rp125,000

up to 256 kbps

2

Advance

Rp225,000

up to 512 kbps

3

Pro

Rp400,000

up to 3,6 Mbps

2. PAKET UNLIMITED GRATIS MODEM (kontrak berlangganan 1 tahun)

No.

Package

Monthly Fee

Speed

1

Basic

Rp250,000

up to 256 kbps

2

Advance

Rp350,000

up to 512 kbps

3

Pro

Rp525,000

up to 3,6 Mbps

Paket ini berlaku untuk pelanggan pasca bayar (kartuHALO) KECUALI paket HALOHybrid. Kecepatan maksimal yang diberikan berlaku sampai batas pemakaian internet secara wajar sebesar 3GB. Setelah 3GB, kecepatan akses akan disesuaikan / diturunkan menjadi up to 64 kbps (untuk paket Basic dan Advance) dan up to 128 kbps (untuk paket Pro). Tetapi bagi saya tidak masalah sih asalkan penurunan kecepatannya masih dalam batas kewajaran.
status : kartu yang sedang digunakan saat ini.
Sebenarnya di luar yang saya sebut diatas juga masih ada beberapa pihak yang menawarkan layanan serupa baik itu atas nama perseorangan yang memiliki afiliasi ke provider tertentu ataupun provider yang memiliki cakupan yang lebih terbatas (lokal). Setiap layanan pasti ada kekurangan dan kelebihannya tinggal kita sendiri yang harus jeli menilai, dan karena keterbatasan pengalaman saya mungkin review diatas ada yang kurang silakan menambahkan sendiri.
OK sekarang tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan internet dan kepadatan kantong anda.
*update

Written by Ramdhani

Mei 27, 2008 pada 2:19 pm

15 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya sebenarnya ingin memasang telkomsel flash, tetapi berhubung saya membaca serbuah komplain di sebuah surat kabar yang megatakan bahwa telkomsel flaz sering putus” dan kecepatanya tidak sesuai yang diharapkan, d+ ada pembengkaan biaya.

    candra

    Mei 31, 2008 at 1:19 am

  2. ya memang saya juga diberitahu di surat kbr k****s itu ada komplain seperti itu, tapi klo saya amati komplain2 serupa juga terjadi pada provider2 yang lainnya spt IM2, Quasar dll. Jadi kesimpulannya apa ? Layanan Internet di Indonesia masih buruk baik dari segi kualitas maupun harga yang masih mahal.
    Oya tapi yg komplain itu kan yg masih pake skema harga telkomflash lama (time based dan volume based) CMIIW. Sekarang yg ditawarkan telkomsel kan harga nya flat tuh jd ga mungkinlah ada tagihan membengkak, klo sering putus2 semoga aj uda diperbaiki maslhnya nih, tinggal mau pilih kecepatan yg mana. kelebihan telkom yg mungkin bisa jadi pertimbangan jg secara jangkauan lebih baik dibandingkan yg lain.

    Ramdhani

    Mei 31, 2008 at 1:49 am

  3. Saya sudah lebih dari setahun memakai Centrin XL, mmg kecepatannya kurang, tapi kelebihannya coveragenya cukup bagus, berhubung saya di Jawa Tengah. Di daerah sama pemakai XL tidak banyak shg trafficnya rendah dan bisa diperoleh kecepatan konstan 5KBps. Itu sudah cukup bagi saya yg jarang download gila2an.
    Tagihan sekitar 380rb/bln.
    Saya bbrp kali pakai dalam perjalanan di sepanjang pantura Jateng tanpa putus koneksinya dari Rembang ke Semarang..koneksi mulus.
    Saya sebenarnya ingin paket yg mampu 3G, tapi apa daya semua operator GSM daerah saya belum support..maklum saya di pelosok gunung.

    kristianto

    Juni 5, 2008 at 9:05 am

  4. @kristianto
    iya mas yang penting cukup dulu, percuma jg klo langganan 3G tapi yg dpt nya cuma gprs, kejadiannya sama seperti saya juga uda nasib rumah di pinggiran jakarta ga dapet sinyal 3G dapetnya gprs doang klo mau dpt 3G harus jalan 1 KM ke pinggir jalan raya baru dpt sinyal 3G.

    Ramdhani

    Juni 13, 2008 at 3:42 pm

  5. how to get wirelss internet browsing

    iheke

    Juni 21, 2008 at 11:24 am

  6. @iheke
    first, u must have wireless modem that support GSM/3G/HSDPA/CDMA connection .2nd , u must register to internet service provider(ISP) which provide wireless internet services through GSM/3G/HSDPA/CDMA connection.

    Ramdhani

    Juni 22, 2008 at 2:54 am

  7. Dan, aku dah nyoba 4 produk.

    1. Andalas = koneksi sangat stabil, tapi kalo g salah sekarang dah g bisa 3G ( cuma pake 1 hari )

    2. Quasar = PARAH BANGET, ini kartu paling parah. Tiap 10MB pemakaian, koneksi langsung drop menjadi 0kbps alias g bisa ngapa-ngapain. Modem harus dimatikan minimal selama 15menit agar bisa dipake lagi ( 3 Bulan pemakaian -> susah antri ganti kartu )

    3. XL Coorporate = Beli dari salah satu penjual di FJB Kaskus. Puas pakenya, sinyal 3G dan unlimited ( sedang saya pake )

    4. Telkomsel Flash = Ambil paket basic 125ribu. G sesuai dengan nama besar telkomsel, dimana koneksi saya putus-putus, bila “konek” g bisa buat browsing. ( sedang saya pake juga -> menunggu perkembangannya )

    lutfi allail

    Juni 27, 2008 at 7:08 am

  8. Makasih buat infonya.
    Gue masih pake Centrin Unlimited Wireless sekarang. <>: koneksi GPRS-nya skarang ada peningkatan dikit😀 dulu gue murka kalo koneksi 3G tiba2 pindah ke GPRS karena nyaris sama aja dgn disconnect. Sekarang agak lumayan lah. GPRS bisa dipake torrent/donlod, dan bisa dapat 3-4 kBps (45-64 kbps) (lumayan buat fail yg kecil). Koneksi 3G di daerah tertentu masih tetep dapet, tapi ya itu, bandwidthnya juga sama, tetep kisaran 64 kbps. Emang sih, enaknya bisa dibawa jalan2 asal sinyal XL bagus.

    Lagi nunggu2 komentar rekan2 “pionir” yang sedang memakai paket Telkomsel Flazz unlimited. Ngiler ngeliat harganya, tapi takut kalo inget reputasinya. Ditunggu ya ulasannya.

    ngawur

    Juli 21, 2008 at 2:53 pm

  9. saya dulu pakai centrin – xl dari jaman msih 3G sampe gprs. waktu masih 3G ok banget.. sejak gprs parah bangett. dah pindah ke bundel matrix 3,5G.. ini luamayan baguss.

    sinyal 3,5G di tempat saya ok bangett.. harga promo emang bersahabat.. baru pakai 2 bulan.. ini mau masuk bulan ke 3.. mungkin abis bulan ke 3 mau stop. selama pakai indosat 3,5G sering banyak situs indonesia yang gak bisa dibuka.. banyak maintanance nya kalo kt hubungi orang indosat.. tapi tetap ok kok. ntar kalau ada unlimited juga saya tahan..

    sampai jalan skrg juga pakai telkomsel flash yang 125rb.. lumayan lahhh… gak putus” kok.. sinyal 3G nya 3-4 bar.. harga bersahabat dan semoga ini bukan harga promo unlimited nya. so far.. flash ok banget dehh.. cocok buat browsing, chat n cek email.. lagi pula sejauh ini saya pakai 1,5giga sebulan sudah lebih dari cukup…

    idoenk

    Juli 29, 2008 at 6:37 pm

  10. saya baru seminggu ini pake telkomflash yg unlimited 125 rb. berhubung byk keluhan tagihan membengkak, jd bolak balik konfirmasi ke CS untk mastiin apa bener fitur unlimited udh ‘on’. biar ga kesalahan. jg pastiin APN jgn sampe salah. jadi protapnya udh saya jalanin, tinggal tunggu abis bulan (sambil deg degan) apakah tagihan sesuai (125 rb + PPN) atau jut-jutan.

    soal koneksi, aduh…lemotnya setengah mati. sakit gigi saya ampe bolak balik kambuh saking stress ‘n jengkel…he..he..(apa hubungannya ya..) tp gitu deh. kalo dibandingin centrin unlimeted (sy pernah pake 7 bln), rasanya bagusan centrin speednya.

    btw, berhubung kantong cekak, ya terima aja deh kelemotan flash, nungggu sampe ada prov lain yg ngasih harga murah untk unlimetednya.
    sy butuh unlimeted krn perlu untk brows bkn buat chat.

    so, kali kali sodare sodare punya info lain..mohon di share ya..

    citra

    Agustus 9, 2008 at 11:43 am

  11. kalo saya (berhubung home user) saya pengen akses yg solid dan unlimited, saya dulu pernah pake starone pake modem cdma lexcron…saya ambil paket internet yg 1gb per bulan 165rb trus pertama kali pake memang cepat……tapi berhunbung keluar layanan NGORBIT harga memang turun jadi 100rb tapi koneksinya….alamak…..putus2…dah gitu lemot pula…ampun deh….main game online gak nyaman sama sekali

    dari pengalaman itu lalu saya berinisiatif untuk ganti layanan internet via wireless…..saya coba cari2 info dan….akhirnya saya memakai isp wireless yg ambil paket 300rb unlimited sebulan tetapi bandwith memang di share…..kecepatan downloadnya pun lumayan cepat sekitar 20kbps naik…apalagi tengah malam wusss wuss……..tapi ya itu harus beli perangkatnya total saya habis 3 jt untuk belanja perangkat (akses point AP, antena grid 2,4 Gz, kabel UTP lan 30m, socket rj 45, pigtail) towernya 10 m (2 pipa panjang masing 6m, kawat 3 roll, spaner 18 biji, besi siku 6m, clamp u 2inch 10 biji, clamp u 1,5 inch 8 biji)…hehehehehhe kek kuli bangunan belanja material bangunan….alhasil maen game online cihuyyyy nyaman….download video clip di youtube……download ria dah……tapi saya fikir itu masih kurang cepat koneksinya…..masih kalah dengan speedy dan masih menang upstreamnya dibanding speedy….yg memang ada keunggulannya ada kekurangannya…………..tetapi denger2 tahun 2009 / 2010 akses internet bakal murah dan cepat di indonesia pasalnya proyek PALAPA RING bakal selesai tahun 2009……palapa ring bakal jadi backbone internet indonesia….seluruh area bakal tercover sampai pedesaan….dan denger2 pula webcam akan samapai masuk desa…heheheheheehe keren2 go indonesia…….semangat 17 agustus merdeka!!!!!!!!!!!!

    tapi ngomong2 masuh nunggu internet cepet di semarang nih…kapan2 yah………..fast net kapan masuk semarang yah………
    alternatif untuk kota semarang sementara ini:
    1. speedy yg katanya sekarang 1 mbps….enakan ambil paket office yg unlimited 750 rb sebulan dan katanya sekarang turun harga…….berhubung ortu dosen soo…..diskon 50% kali ye……….
    2. Orinet yg denger2 nyediakan paket 150 rb unlimited sebulan murah atuh dan koneksinya kata2nya solid gitu dech……tapi blom dapet info lanjut…hehehehehe peace2 sory2
    3. isp wireless lokal yg sediakan jasa home/personal user……seperti yg saya pakai sekarang…..300rb unlimited sebulan share…tapi lumayan cepet
    4. indosat M2 memang cepet tapi dibatasin kuota…….ga asik….dah gak jamannya sekarang internet dibatasin kuota……
    5. audianet………cari di google dah infonya
    6. transbit……..hemmm lom tau jg infonya cari di google
    7. alternatif lain buat RT/RW net di rumah kamu share sama tetangga ambil yg paket dedicated gitu…….di share ama tetangga rumah jadi ga mahal bayarnya

    kekurangan dari ini semua itu adalah tidak bisa dibawa kemana mana…baik speedy, wireless dll , sedang seperti gprs, 3g, hsdpa dapat membantu mobilitas kita bisa dibawa kemana mana….tapi kelemahannya ya itu lemot, putus2….seperti dulu waktu aku pake starone dan aku tuncepin ke laptop…..main game online, browsing dimana aja asik dah…tapi lama2 koneksi lemot

    itu kalo di semarang kalo di daerah lain ga tau…..hehehehehe semoga membantu infonya

    INDONESIA SEKARANG DAH GAK JAMAN INTERNET KONEKSI LEMOT PUTUS PUTUS DAN DIbATASIn KUOTA…………………KALAU TETAP SEPERTI INI KITA GAK BAKALAN MAJU……………….DENGAN HAL INI PEMERINTAH MEMBERIKAN SOLUSI DENGAN MEMBUAT BACKBONE PALAPA RING DI INDONESIA…………………..SEHINGGA AKSES INTERNET MASUK DESA DAPAT DICANANGKAN

    cah industri

    Agustus 16, 2008 at 10:37 am

  12. @cah industri
    salute atas perjuangannya hehe. trm kasih buat info nya.

    Ramdhani

    Agustus 23, 2008 at 2:38 am

  13. nama saya candra,asal lumajang -jatim.saya mau minta tolong kepada saudara saudaraku seindonesia yg punya kecanggihan dalam solusi internet.di tempat kami mengajar siswa(status kami guru) sangat membutuhkan internet,tapi solusi selain spidy yg bisa membantu aktifitas kami tidak ada.dulu saya perna pakai modem flas z paska bayar tapi kami tidak mampu dengan biaya setiap bulannya Rp275.000,untuk saudaraku seindonesia.mohon bantuan solusinya.karena kami ingin menikmati kemerdekaan internet juga.jujur desa kami jauh dibawah lembah.kami untuk menikmati internet mesti ke lain desa,yg harus kami tempuh naik turun gunung 60km.terimakasih

    candra firmansyah

    Oktober 28, 2010 at 4:31 pm

  14. mohon bantuannya solusi internet,murah ,hemat,dan stabil dan bisa dinikmati semua lembaga sekolah .jumlah lembaga yg membutuhkan 12 tk,27 sd/mi,4 sltp dan 2 smu.proveder gsm yg ada hanya 2,telkomsel dan indosat.salam bersatu dan berbangsa INDONESIA.

    candra firmansyah

    Oktober 28, 2010 at 4:38 pm

  15. SAUDARAKU INDONESIA,MOHON DI INFOKAN SOLUSI PERMOHONAN KAMI VIA YM,CHAT.DI ALAMAT CANDRAFIRMANSYAH81.TERIMAKASIHHHHH

    candra firmansyah

    Oktober 28, 2010 at 4:44 pm


Tinggalkan Balasan

