Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

ciputat dan angkot dalam ingatan

with 2 comments

zaman dulu kala

“Di suatu pagi yang cerah, sekali lagi dengan terpaksa aku diminta turun dari angkot dan harus berjalan sejauh 5 km menuju sekolah karena sopir angkot yang kutumpangi enggan mengantri di kemacetan yang memang sudah menjadi rutinitas di kawasan ciputat dan sudah terkenal di seantero jakarta raya. Tapi ternyata aku tidak sendiri di lintasan jalan becek ini ada beberapa orang berseragam putih abu-abu yang senasib denganku, kulangkahkan kaki dengan agak cepat dan sedikit agak zig zag untuk menghindari motor yang dengan seenaknya menggunakan jalur pejalan kaki untuk menghindari macet. Dari kejauhan kulihat ada orang yang berkerumun di depan gerbang sekolah seperti para groupies yang sedang menanti bintang rock idolanya tetapi dihalang-halangi oleh para bodyguard, tapi ternyata aku salah mereka adalah teman -temanku yang sudah terlambat dan tidak diperbolehkan masuk ke sekolah, termasuk juga diriku yang lebih telat dari mereka…sambil menyeka keringat beberapa kali ku umpat dalam hati tentang keadaan ciputat yang macet nya tidak kunjung di obati oleh pemerintah setempat arrgggggghhhh…” (memori putih abu-abu)

ciputat oh ciputat

zaman sekarang

Entah sejak kapan ritual macet di ciputat bermula, yang pasti sejak masih SD saya sudah terkena imbasnya yaitu sering telat masuk sekolah karena padepokan SD dan SMA saya terletak di Ciputat. Diperparah lagi jika saya telat bangun karena kesiangan, makin sempurna lah tragedi yang saya alami, udah bangun kesiangan, kena macet dan sampai di sekolah harus ber silaturahmi dengan guru BP…. sempurnaaa ( andra n d’backbone mode). Tapi saya ambil sisi positifnya yaitu setiap pagi jadi ada aktivitas olahraga yang teratur (jalan cepat bahkan lari kadang-kadang) dan kedua mengoptimalkan buku siswa yang diberikan oleh sekolah supaya tidak terlalu mubazir yang saya isi dengan beberapa catatan keterlambatan saya selama SMA, alasan telat ada beberapa kategori : macet, bangun kesiangan , banjir , uncategorized, dll.

Ciputat berada dipinggiran kota antara jakarta dan jawa barat , menurut pandangan saya ibarat selat bosphorus(turki) yang menjembatani antara asia (jawa barat) dan eropa (jakarta) CMIIW. Di ciputat ini secara tata kota cukup amburadul setelah tidak adanya terminal yang bisa menjadi tempat pemberhentian para pilot angkot menanti penumpang ditambah lagi dengan melubernya transaksi yang seharusnya di pasar menjadi bertransaksi di trotoar dan tepian jalan. Oiya hampir lupa untuk sampai ke sekolah SD dan SMA saya harus melewati beberapa rintangan yang saya sebut sebelumnya.

Tetapi akhir-akhir ini penghuni ciputat, yang sekolah di ciputat, yang melewati ciputat bisa tersenyum lega setelah fly over yang dibangun sudah selesai dan di uji cobakan beritanya bisa dilihat disini juga disana.

Coba bayangkan yang biasanya harus melewat ciputat selama 30-60 menit (jam sibuk) skarang hanya 5-10 menit melewati fly over wow keren, anda yang belum pernah merasakan lewat ciputat pada saat macet mungkin tidak bisa membayangkannya saya maklumi kok. Semoga ciputat tetap lancar dan nyaman.

Andai saja saya bisa kembali ke masa dulu, mungkin saya ga pernah terlambat ya…pasti anda yang membaca ini protes dan beranggapan ini hanyalah apologi keterlambatan saya  dan anda benar hehe..Tetapi bagaimanapun itu saya tetap bersyukur bisa merasakan hal tersebut yang mungkin tidak bisa dinikmati oleh setiap orang, ada ungkapan menarik “jika anda mencari sesuatu yang baik dari setiap peristiwa , anda akan menemukan sisi terbaik dari diri Anda sendiri”.

Written by Ramdhani

Juli 7, 2008 pada 5:02 pm

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. assalamualaikum
    the old memory heh ?? kon, tulisanmu untuk topik yang satu ini memaksa aku tuk tinggalkan jejak disini. di wahana intelektualmu yang menggumkani. luar biasa..

    keringat , debu jalanan, teriakan para supir angkot, makian preman pasar, tawuran itu semua ada di ciputat yang dulu, ciputat yang pengap. ciputat dengan kemacetannya. well bukankah itu justru yang sebenarnya menjadikan masa lalu kita penuh dengan kenangan (buruk)?? hahaha

    ciputat macetlah yang membesarkan kita. keunikan dan kekhasan diri kita yang terbentuk saat ini salah satunya adalah karena untuk duduk di bangku sma dulu membutuhkan perjuangan panjang dan melelahkan yang cuma orang ciputat sendiri yang tahu. hhehe

    ciputat yang kumuh telah membentuk kita, dan selamanya akan menjadi bagian dari sejarah keberadaan kita saat ini dan kesuksesan kita kelak.

    regards

    mulky adhi

    mulky

    Desember 10, 2008 at 3:52 pm

  2. waalaikum salam wr wb
    iya nih klbk(kenangan lama bersemi kembali) ehm2 hehe. ya benar biarlah kenangan itu kita simpan dan jadikan pupuk untuk menjadikan kita lebih kuat dan kokoh menjalani hidup.

    halo gmn kabarnya kawan ku yg lama hilang hehe kok bisa ujug-ujug ngasih komen di blog, kasih email, nomer HP atau nomer rekening kek biar bisa di kontak nih

    salam
    (moga2 liat komen ini)

    Ramdhani

    Desember 19, 2008 at 4:20 pm


Tinggalkan Balasan

