Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Dynamic DNS

leave a comment »

Jika anda ingin membuat server sendiri yang bisa diakses secara online tetapi  tidak memiliki IP statis melainkan IP dinamis dimana alamat IP selalu berubah-ubah, contohnya jika menggunakan paket speedy personal , telkomnet instan ataupun paket layanan ISP lain yang tidak memberikan IP statis. Itu semua bukan masalah karena ada layanan yang namanya dynamic dns (dyndns.com). Dibentuk pada tahun 1998 dynamic dns ini memiliki paket layanan gratis dan paket layanan berbayar, bedanya pada paket yang gratis kita harus register ulang setiap 3 bulan nya dan memiliki keterbatasan-keterbatasan tertentu.

Saya pribadi menggunakan layanan ini supaya bisa melakukan administrasi sistem secara remote server linux menggunakan ssh.

Tetap terhubung dengan DNS

DNS dibuat untuk memudahkan penggunaan internet. Sebelum ada DNS (Domain Name System), komputer yang terhubung ke internet hanya bisa di akses lewat alamat komputer tersebut, yang kita kenal sebagai alamat IP (Internet Protocol), misal 202.165.47.58 dsb. Para pioner internet membuat sistem yang disebut DNS yang memungkinkan kita mengakses nama seperti “www.keren.com” menggantikan alamat IP ( misal : 202.165.47.58 ) yang hanya terdiri dari angka-angka tersebut. Proses translasi ini terjadi secara otomatis. Bisa juga di analogikan seperti buku telepon. Lebih mudah mana mengingat nama http://www.keren.com dibanding mengingat alamat IP 202.165.47.58.  you got the point right …

DNS Inc membuat layanan dengan nama “DynDns” yang memberikan layanan dynamic dns karena beberapa pengguna internet hanya memiliki alamat IP yang berubah secara dinamis. DynDNS ini membuat mekanisme yang memungkinkan user untuk meng update alamat IP yang berubah-ubah tersebut secara otomatis dan di asosiasikan dengan dengan hostname yang di sediakan oleh DNS inc (misal: kerenbanget.dyndns.org), jadi user bisa memberikan/membuat server pribadi dari komputer nya dan bisa diakses secara online. Beberapa hostname yang disediakan antara lain :

– *.dyndns.org

– *.homelinux.org

– *.homeip.net

– *.is-a-geek.org

– *.kicks-ass.net

dan lain-lain

Atau pun kita bisa juga mengupgrade nya supaya bisa punya nama domain sendiri.

Ada juga beberapa produk lainnya yang memberikan layanan dynamic dns secara gratis seperti zoneedit.com,dynip.com,no-ip.com dsb. Selamat mencoba.

Written by Ramdhani

Agustus 5, 2008 pada 6:38 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: