Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Archive for Januari 2009

Cerita tentang Cinta part 1

with 5 comments

Tulisan  ini dilatarbelakangi oleh beberapa peristiwa yang terjadi dalam 2 bulan ini, antara lain dengan berlangsungnya pernikahan salah satu sahabat dekat ketika SMA yang  datang ke rumah tempat berteduh saya yang sudah tidak teduh lagi karena sudah banyak ditebangi. Pada minggu sore itu tanpa pemberitahuan sebelumnya sahabat saya ujug-ujug datang menyerahkan selembar undangan pernikahan yang akan di adakan pada akhir bulan desember 2008. Sesaat ada suatu perasaan yang aneh berkecamuk di benak ini gado-gado antara perasaan senang, sedih dan penasaran. Senang karena akhirnya sahabat saya itu telah menggenapkan separuh Dien nya, sedih karena merasa ditinggalkan dan penasaran siapa calon wanita yang malang  itu (haha klo ini bercanda sumpah deh) astaghfirullah maksudnya beruntung mendapatkan orang sebaik sahabat saya itu, bukankah orang baik itu bisa dilihat dari sahabat / teman nya bergaul maka otomotis dong … ehm2

Sebenarnya klo bicara tentang cinta mungkin sebagian dari kita ada juga yang merasa eneg  atau males karena sudah biasa mereka dengar sehari-hari dari tayangan TV, Sinetron, Lagu yang isinya cinta melulu .. (coba denger lagu efek rumah kaca). Saya ingat sekali waktu zaman masih muda(sekarang juga masih muda sih) dulu ketika masih di kampus biru ngayogyakarto baik ketika kuliah, pengajian, ataupun pas kongkow-kongkow topik yang paling membuat orang antusias adalah topik cinta.

Dan tahukah anda keyword apa yang paling banyak dicari/populer pada mesin pencarian no.1 di dunia  google.com (tahun 2007 & 2008)  tidak lain adalah kata Cinta  baca the most popular queries on google | what is love ? | the economist

Ya jikalau saja google sudah ada sejak awal manusia diciptakan mungkin arti kata cinta jugalah yang akan banyak dicari, sejarah dalam rentang waktu yang berbeda telah membuktikan banyaknya kisah pencarian akan arti cinta.

Padahal klo menurut teman saya cinta itu terlalu profan, abstrak , surealis untuk di definisikan. Cinta manunggaling dengan alam, kehidupan dan manusia. Berat bener kan, saya aja ga ngeh.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Written by Ramdhani

Januari 24, 2009 at 9:08 pm

Algoritma metaphone dan antimetaphone

with one comment

Iseng-iseng menelusuri file-file lama pada masa-masa kuliah, saya menemukan file lama mengenai oprek-oprekan ilmiah saya mengenai metode pencarian nama dengan menggunakan algoritma metaphone dan antimetaphone berbahasa indonesia. algoritm fonetik pada beberapa bahasa pemrograman sudah di implementasikan secara langsung sebagai method, seperti pada PHP yang memiliki fungsi soundex() dan metaphone(), tapi masih menggunakan acuan ejaan dalam bahasa inggris, maka dari itu perlunya memodifikasi dalam ejaan bahasa indonesia karena memang memiliki perbedaan karakter ditambah lagi adanya ejaan lama dan ejaan baru dalam perbendaharaan bahasa indonesia.

Metaphone

Algoritma Metaphone dapat diterapkan pada berbagai bahasa di dunia dalam pencarian data tertentu.  Karena setiap bahasa di dunia dalam pengucapannya memiliki cara yang berbeda, sehingga algoritma dimodifikasi sesuai dengan karakteristik bahasa yang digunakan. Pada bahasa-bahasa tertentu, pengucapan kadang-kadang mempunyai kesamaan dalam hal pengucapan.
Selain bahasa Inggris, algoritma ini telah diadopsi pula dalam bahasa Spanyol, Jerman dan Perancis.
Dalam bahasa Indonesia Algoritma Metaphone bertujuan untuk mencari kata-kata yang memiliki kemiripan bunyi baik dalam bahasa Indonesia sendiri maupun pendekatan dalam bahasa Inggris, seperti kata-kata ilmiah dalam bahasa Indonesia masih banyak yang disadur dari bahasa Inggris, seperti contoh  dibawah ini :
Mikro
Micro
Makro
Macro

Pada contoh kata di atas apabila mencari data tentang mikro, maka akan keluar data mikro dan micro. Hal terjadi karena adanya kemiripan dalam pengucapan kata mikro. Cara kerja Metaphone yaitu kalimat diubah menjadi sebuah kode terlebih dahulu, kemudian apabila ada kemiripan dalam pengucapan maka data akan yang dicari akan ditampilkan.  Pada tahun 1990-an, Lawrence Philips mengembangkan yang disebut dengan Algoritma Metaphone. Tujuan dari algoritma ini adalah mencari kata-kata yang memiliki persamaan bunyi. Setiap kata akan memiliki kode tertentu jika melalui algoritma metaphone, Sehingga metaphone tidak mencari kata dasar.  Kata-kata yang bunyinya sama akan memiliki kode yang sama pula.

Baca entri selengkapnya »

Written by Ramdhani

Januari 11, 2009 at 7:25 am