Ramdhani’s Blog

Catatan kecil pengalaman, pemikiran dan proses pembelajaran …

Usabilitas : Shortcut Keyboard & Aplikasi Web

with one comment

Jadi teringat beberapa waktu yang lalu saat ngobrol-ngobrol santai sambil minum kopi mengenai masalah teknologi dengan beberapa teman yang bekerja di salah satu IT company di Jogja, salah satu topik pembicaraan adalah tentang web apps development.
Sebenarnya klo anda cari di web mesti sudah banyak yang meng komparasikan antara aplikasi web versus aplikasi desktop , ada yang memang objektif bahwa masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan, tetapi ada juga yang bersifat sangat subjektif ( vendor scam🙂 ) tidak lain biasanya sih dari vendor tertentu yang sudah mengembangkan aplikasi di platform tertentu (desktop misalnya) yang menganggap bahwa aplikasi web kurang pas untuk digunakan dilihat dari sisi kecepatan respon, interaktivitas , kecepatan entri data dsb.
Memang jika kita bicara aplikasi yang baik dari sudut pandang bisnis adalah mungkin semua sepakat bahwa aplikasi yang baik adalah yang bisa selaras dengan proses bisnis, bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas , apapun teknologinya. Tapi tulisan ini hanya mencoba memandang proses pengembangan  aplikasi web dari sisi usabilitas.
Dari pembicaraan mengenai web apps kita membandingkan proses entri data yang masif yang mungkin dihadapi user pada waktu yang singkat sehingga membutuhkan kecepatan dalam prosesnya, solusi yang biasa dihadirkan pada aplikasi desktop adalah dengan memberikan shortcut begitu juga dengan aplikasi text mode yang mengandalkan kecepatan proses entri dengan tombol shortcut (misal : F1,F2, Ctrl+S dll). Pertanyaannya apakah user experience seperti itu bisa juga di dapat pada  aplikasi web ?
Sekian lama saya menggunakan aplikasi web di bandingkan aplikasi desktop tradisional, pertimbangannya mungkin seperti banyak orang lainnya, saya mempunyai komputer di rumah dan komputer portable untuk pekerjaan sehari-hari; menyimpan informasi online lebih memudahkan kita untuk mengakses dari kedua lokasi tersebut, apalagi jika komputer yg satu Mac dan yang satu lagi PC. Saya tidak terlalu khawatir perlu tidaknya menyimpan file dalam  hard disk ataupun flashdisk. Saya menggunakan dropbox untuk menyimpan file-file, Flickr untuk menyimpan foto-foto dan sebagainya. Semua bisa di akses dari manapun dan kapanpun.
Seiring berjalannya waktu teknologi-teknologi baru bermunculan memungkinkan kita membuat aplikasi lebih rich dan aplikasi pada web lebih dinamis dan  interaktif.
Tentang  perkembangan mengenai masa depan aplikasi web bisa dilihat di future of web apps, banyak informasi yang bisa di ketahui di situs tsb jadi saya tidak perlu bercerita lebih banyak lagi. Intinya  sekarang segalanya serba online, dan bahkan sekarang Microsoft mulai sadar akan realita yang terjadi (Google Docs, Spreadsheet VS MS Office dsb). Dan yang saya tahu di jakarta dan daerah lain juga sudah menggunakan sistem online baik dari sistem penerimaan murid SMP/SMA, pada sistem kesehatan ada aplikasi web siknas online yang terkoneksi ke seluruh dinkes di indonesia, sistem pembuatan RAB di seluruh instansi dibawah pemda DKI sudah online menggunakan aplikasi web (CMIIW).
Bagaimanapun, ketika kita beralih dari aplikasi desktop, mungkin tidak banyak yang sadar salah satu kekurangan utama dari aplikasi web adalah miskinnya penyediaan alternatif shortcut keyboard pada aplikasi. Model aplikasi desktop sudah ada sekitar 20 tahun sampai saat ini. Saya masih ingat ketika belajar wordstar zaman dulu harus menggunakan Ctrl+K+B untu memblok di awal kalimat ataupun Ctrl+ S yang dipahami sebagai shortcut untuk menyimpan dalam sebagian besar aplikasi.
Shortcut pada keyboard ditemukan untuk menghemat waktu, maka itu dinamakan “shortcut” (jalan pintas). Shortcut juga berguna untuk tugas-tugas yang berulang supaya kita tidak perlu memindahkan tangan kita dari keyboard. Anda  juga mesti bisa membandingkan antara menggunakan shortcut dan menggunakan mouse untuk mengklik tombol misalnya dalam proses entri data manakah yang lebih cepat, mungkin sebagian kita berfikir tidak terlalu signifikan perbedaannya tapi coba bayangkan anda user yang sedang dihadapkan dengan 500 orang yang sedang mengantri harus di entri dan diselesaikan dalam waktu yg singkat juga.
Jika kita cari aplikasi web yang sudah menyertakan shortcut mungkin tidak banyak karena ada atau tidak adanya shortcut tidak berpengaruh signifikan, contohnya apakah saat mengakses facebook kita sangat butuh shortcut ? mungkin jawabannya saat ini tidak banyak yang membutuhkan. Tetapi ada juga aplikasi web yang menyertakan shortcut keyboard yang sangat membantu penggunaan aplikasi, beberapa  contohnya antara lain : Remember the Milk, Google Reader, Bloglines, dan Gmail.

Berikut adalah contoh penggunaan  shortcut pada aplikasi tersebut

Open an item:

* RTM – n/a
* Google Reader – o or <Enter>
* Bloglines – o
* Gmail – o or <Enter>

Select the next item in the list:

* RTM – j
* Google Reader – j
* Bloglines – j
* Gmail – j

Select the previous item in the list:

* RTM – k
* Google Reader – k
* Bloglines – k
* Gmail – k

M

* RTM – Toggle multi-edit mode on or off
* Google Reader – Mark as read/unread
* Bloglines – Collapse/expand left pane
* Gmail – Mute all future conversations

N

* RTM – Select none
* Google Reader – Scan down
* Bloglines – Keep as new
* Gmail – Next message

R

* RTM – Rename the selected item
* Google Reader – Refresh
* Bloglines – Refresh left pane
* Gmail – Reply

S

* RTM – Change the tags for the selected task
* Google Reader – Toggle star
* Bloglines – Next sub
* Gmail – Star a message or conversation

Yah jika kita lihat penggunaan shortcut di atas memang berbeda-beda tergantung fungsionalitas masing-masing aplikasi, yang jadi pertimbangan dalam memilih shortcut pada aplikasi web juga bagaimana memilih shortcut yang tidak konflik dengan shortcut yang ada bada browser maupun dengan OS , misalnya F1 akan membuka help pada windows.
Dalam pembuatan shortcut pada aplikasi web salah satu cara bisa dilakukan dengan menggunakan fasilitas yang ada pada bahasa javascript  digabungkan dengan pendekatan ajax. Mungkin ada yang tahu alternatif lainnya ?

ps : coba cek di http://mashable.com/2007/06/29/keyboard-shortcuts/ untuk melihat daftar shortcut untuk aplikasi-aplikasi web yang ada sekarang ini. Bagi anda web developer bisa lihat http://www.openjs.com/scripts/events/keyboard_shortcuts/v1.php

Written by Ramdhani

Februari 25, 2009 pada 10:46 am

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. pak, saya ingin menanyakan shortcut^2 pada msword(dulu wordstar) seperti ctrl+s dkk. dmn saya dapat mendapatkannya(shortcut utk uppercsase,dll)? terima kasih

    Teddy

    Desember 20, 2009 at 4:10 am


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: